Tips Memilih Kacamata Minus yang Cocok dan Eye Catching

0
159
kacamata minus

Ada banyak jenis kacamata yang saat ini bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu yang paling populer yaitu jenis kacamata minus. Kacamata ini direkomendasikan bagi para penderita rabun jauh, atau yang biasa disebut myopia.

Fungsi kacamata sendiri tidak hanya untuk membuat penglihatan menjadi lebih jelas. Saat ini, kacamata juga sudah masuk ke dalam salah satu item fashion yang sering digunakan. Bagi yang berencana membelinya, berikut kami jelaskan tips memilih kacamata untuk mata minus yang bagus tapi tetap menarik dilihat:

kacamata minus
Kacamata minus

1.      Cek Spesifikasi Lensa

Sebelum menilai dari berbagai aspek lain, perhatikan terlebih dahulu spesifikasi lensanya. Pastikan lensa yang dipilih sesuai dengan kebutuhan atau kondisi mata. Untuk menilai kelayakannya, cek terlebih dahulu kondisi mata, baik di dokter spesialis, maupun di layanan tempat pengecekkan yang ada di sekitarmu.

Cek berapa nilai minus mata, dan ketahui apakah matamu memiliki nilai silinder atau tidak. Setelah itu, silahkan pilih spesifikasi lensa sesuai dengan kondisi mata. Silahkan konsultasikan dengan penjual atau penjaga toko kacamata yang kamu pilih terkait spesifikasi yang sesuai.

2.      Pilih Lensa dengan Perlindungan Ekstra

Saat ini, lensa minus tersedia dalam berbagai pilihan spesifikasi. Ada banyak penambahan fitur yang dapat melindungi mata kita menjadi lebih optimal. Sebut saja beberapa di antaranya seperti lensa minus anti radiasi, dan bluray.

Lensa anti radiasi dan bluray, bisa menangkal cahaya monitor, atau layar elektronik seperti gadget, laptop, TV, komputer, dan lainnya. Selain untuk melindungi mata, lensa tersebut juga berfungsi untuk menangkal paparan sinar biru yang keluar dari layar elektronik.

3.      Menentukan Frame yang Ideal

Nah, setelah kamu menemukan lensa yang cocok, selanjutnya tinggal pilih frame yang ideal. Saat ini banyak sekali pilihan frame yang bisa kamu sesuaikan dengan selera dan karakter masing-masing. Namun, perlu kamu ketahui, tidak semua frame mungkin cocok untuk kamu gunakan.

Ada beberapa faktor yang membuat suatu frame cocok dan tampak eye catching ketika digunakan. Salah satunya yaitu memilih tipe atau desain frame sesuai dengan bentuk wajah. Silahkan cari-cari referensi tipe atau desain frame yang ideal untuk bentuk wajah kamu.

Namun, jika kamu memiliki wajah berbentuk oval, kamu bisa menggunakan berbagai desain yang diinginkan. Karena, bentuk wajah yang oval, cocok menggunakan bentuk frame apapun.

4.      Pilih Material yang Cocok Sesuai Kebutuhan

Saat ini, cukup banyak material frame yang bisa kamu pilih. Mulai dari material plastik, hingga metal. Untuk memilihnya, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget. Karena, tidak semua orang nyaman dengan jenis material tertentu. Di lain sisi, semakin bagus materialnya, maka harganya pun semakin mahal.

Silahkan coba terlebih dahulu, lalu kemudian cek apakah materialnya cocok atau tidak. Jika kamu membelinya secara online, pastikan membaca deskripsi produk terlebih dahulu sebelum membeli, ya.

5.      Pilih Warna Sesuai Karakteristik

Selain desain, warna juga dapat mempengaruhi kualitas penampilanmu. Silahkan pilih warna sesuai karakteristik atau kesukaanmu. Pastikan juga kamu memilih warna sesuai dengan gender. Contohnya, warna pink atau ungu, biasanya cocok untuk perempuan.

Untuk laki-laki, bisa memilih varian warna lain, seperti hitam yang merupakan jenis warna netral. Ada banyak varian warna yang kini ada di pasaran. Selain pilihan satu warna, juga tersedia kombinasi warna yang cantik.

Nah, itulah tips saat memilih dan membeli kacamata minus, agar sesuai dengan kebutuhan mata dan kondisi mata tanpa mengabaikan nilai estetikanya. Bagaimana, mudah bukan? Aplikasikan tips di atas agar kacamata yang kamu beli tampak fungsional dan eye catching.