Tips Financial Planning untuk Rumah Tangga

0
98

Financial Planning saat masih single dengan setelah menikah tentu saja berbeda. Apalagi jika sudah mempunyai momongan, maka kebutuhan akan bertambah sangat banyak. Oleh karena itu, membuat perencanaan keuangan untuk rumah tangga adalah hal yang penting. Jangan sampai kebutuhan yang mendesak tidak bisa dipenuhi karena uang sudah menipis akibat kesalahan mengatur keuangan.

Zaman sekarang teknologi sudah canggih. Financial planning bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Cukup instal aplikasi jenius dan registrasikan diri anda, maka anda bisa mengatur keuangan anda di sana. Banyak fitur yang bisa membantu anda dalam mengatur keuangan. Dengan begitu, anda tidak perlu pusing lagi mengatur anggaran kebutuhan.

financial planning

Berikut beberapa tips untuk mengatur keuangan rumah tangga anda.

  • Buat anggaran belanja

Buatlah anggaran belanja rutin untuk rumah tangga anda. Anda bisa membuat anggaran harian, mingguan, atau bulanan. Pertimbangkan mana kebutuhan yang penting dan mana keinginan yang bisa ditunda.  Tentukan budget belanja untuk keluarga anda dan jangan melanggar anggaran yang sudah anda buat. 

  • Sisihkan untuk investasi dan tabungan

Investasi dan menabung merupakan hal yang penting. Anda perlu berinvestasi agar bisa mewujudkan mimpi keluarga anda. Misalnya untuk pendidikan anak, memiliki hunian, memiliki kendaraan, dan lain-lain. Oleh karena itu sisihkan penghasilan anda untuk berinvestasi dan menabung secara rutin.

  • Sisihkan untuk dana darurat

Dalam berumah tangga, sering terjadi hal-hal yang tidak diperkirakan. Misalnya atap bocor, alat elektronik rusak, ban kendaraan bocor atau ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit. Hal tersebut membutuhkan uang secara mendesak. Oleh karena itu, anda harus mempunyai dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu dalam kondisi yang mendesak.

  • Bayar tagihan tepat waktu

Bayarlah semua tagihan dengan tepat waktu agar tidak kena denda. Terutama untuk kebutuhan penting seperti listrik, telepon, dan internet, jika telat membayar maka bisa dicabut.

Semua hal di atas dapat anda lakukan melalui aplikasi jenius. Misalnya dengan fitur save it, anda bisa menyisihkan dana darurat dengan flexi saver sehingga bisa menariknya kapanpun. Untuk menabung, anda bisa menggunakan maxi saver yang merupakan deposito jangka panjang.

Membayar tagihan pun bisa anda lakukan melalui fitur send it. Bahkan anda bisa melakukan pembayaran secara terjadwal sehingga anda tidak akan terlambat untuk membayar tagihan. Dengan begitu anda tidak perlu repot lagi mengatur financial planning.