Tanda Akan Melahirkan

0
127
tanda akan melahirkan
tanda akan melahirkan

Proses melahirkan adalah suatu proses yang mendebarkan dan penuh perjuangan bagi seorang wanita. Pada saat melahirkan seorang wanita rela dan siap mengeluarkan seluruh tenaganya demi buah hati yang dicintainya. Untuk itu persiapan sedini mungkin sebelum melahirkan perlu diperhatikan secara rinci termasuk dalam mengetahui tanda akan melahirkan yang sudah dekat. Jika tanda-tanda tersebut diketahui maka dalam proses melahirkan akan lebih siap dan bisa dilakukan dengan baik.

Untuk setiap wanita memiliki tanda akan melahirkan yang berbeda, akan tetapi jika dilihat secara umum tanda-tanda tersebut umumnya juga sama. Supaya anda mengetahui apa saja yang menjadi tanda bahwa saat melahirkan sudah dekat maka 6 tanda melahirkan yang sudah dekat berikut ini penting untuk diketahui.

  1. Ada rasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa datang pada bagian punggung, perut, bahkan adanya rasa kram seperti saat sedang menstruasi. Jika hal ini terjadi maka besar kemungkinan anda cepat untuk melahirkan.
  2. Keluarnya lendir bercampur darah. Lendir bercampur darah ini keluar pada bagian vagina dengan warna bening atau juga merah muda dengan sedikit berdarah. Keluarnya lendir ini bisa terjadi karena serviks yang membesar dan membuat jalur lendir.
  3. Frekuensi buang air kecil yang sering. Saat mendekati kelahiran posisi bayi akan turun ke bagian tulang panggul. Dengan begitu posisi rahim akan lebih bersandar pada kandung kemih sehingga membuat frekuensi kencing yang sering.
  4. Adanya kontraksi. Kontraksi ini berbeda dengan kontraksi saat akan melahirkan karena terjadi hanya beberapa detik saja. Posisi terjadinya juga khsuus seperti pada bagian perut atau panggul serta bisa juga pada bagian depan perut.
  5. Adanya perubahan serviks. Perubahan disini yaitu jaringan serviks yang menjadi elastis. Pada wanita yang sudah pernah melahirkan serviksnya membuka lebih lebar, akan tetapi pada yang baru hanya sekitar satu sentimeter saja.
  6. Pecahnya air ketuban. Tanda yang paling dan banyak orang mengetahuinya saat akan melahirkan yaitu pecahnya air ketuban. Saat ketuban pecah maka kontraksi untuk melahirkanpun akan lebih cepat terasa. Sehingga bagi mereka yang sudah pecah ketuban jarak ke melahirkan biasanya setelah 24 jam.   

Leave a Reply