Susu Kedelai Bubuk Untuk Anak Yang Aman Dikonsumsi

0
185

Susu kedelai bubuk untuk anak bisa menjadi salah satu alternatif pengganti susu yang lain. Susu merupakan asupan gizi yang penting untuk buah hati kita karena memiliki berbagai macam manfaat dan fungsi didalamnya. Manfaat dari susu adalah baik untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tubuh si kecil. Sejatinya susu bukan hanya baik dikonsumsi oleh bayi namun orang dewasa pun juga dianjurkan. Akan tetapi kali ini kami akan membahas tentang susu untuk kebutuhan si kecil.

Susu kedelai memang banyak dipercaya oleh para masyarakat karena baik untuk kesehatan. Sebab susu kedelai kaya akan antioksidan yang bisa disebut dengan isoflavon. Selain itu susu kedelai bubuk juga merupakan makanan yang banyak mengandung protein nabati dan asam amino yang bisa dikenal sebagai zat baik bagi tubuh bayi. Kandungan yang ada pada protein tersebut 40% lebih banyak daripada tumbuhan yang belum mengalami proses dimasak dan makanan berdaging pada umumnya.

Cara Membuat Susu Kedelai  Bubuk Untuk Bayi

Membuat susu kedelai memang cukup mudah. Susu kedelai di buat dari kacang kedelai organik alami tanpa GMO. Oleh karena itu susu kedelai memiliki gizi tinggi, tekstur yang lembut dan rasa yang sangat lezat serta tentu saja disukai oleh anak anak. Susu kedelai memang sangat bagus untuk bayi Anda yang mungkin alergi atau tidak suka dengan susu sapi. Selain itu juga cocok dikonsumsi untuk anak maupun orang dewasa yang mengalami obesitas karena susu ini tidak mengandung kolesterol.

Untuk si kecil, mengonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan daya ingat, sistem imunitas, mencegah penyakit dan tentunya bergizi. Komposisi dari susu kedelai tidak jauh berbeda dengan susu sapi. Oleh sebab itu susu kedelai bubuk untuk bayi  bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi. Untuk bayi yang kekurangan enzim laktase dalam saluran pencernaan biasanya tidak dapat mencerna laktosa dalam susu sapi.

Laktosa susu sapi yang masuk ke usus besar lalu akan dicerna oleh renik, jadi bagi bayi yang tidak toleran terhadap laktosan akan mengalami diare setiap ia minum susu sapi.  Dua gelas susu kedelai sudah bisa memenuhi 30% kebutuhan protein bagi buah hati Anda. Jika dibandingkan dengan susu sapi komposisi asam amino dalam protein susu kedelai lebih sedikit jumlah asam amino metionin dan sistein. Susu kedelai bubuk bisa meningkatkan nilai gizi protenin dari nasi dan makanan sereal yang lain karen mengandung asam amino lisin tinggi.

Mutu protein dari susu sapi hampir sama dengan mutu protein susu kedelai. Kami beri contoh misalnya saja protein efisiensi rasio atau PER susu sapi adalah 2,5 sedangkan PER dari susu kedelai adalah 2,3 .  PER 2,5 berarti bahwa setiap gram protein yang dimakan bayi akan menghasilkan pertambahan berat badan sebanyak 2,5 g.

Susu kedelai memang tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineral terutama kalsium lebih sedikit daripada susu sapi. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menambah atau fortifikasi mineral dan vitamin pada susu kedelai yang diproduksi oleh industri besar.Dari semua karbohidrat dalam susu kedelai hanya 12 sampai 14% yang bisa digunakan tubuh baik untuk anak anak maupun orang dewasa. Susu kedelai bubuk untuk bayi bisa menjadi pengganti jika harga susu sapi melambung tinggi. Karena mutu protein dari susu kedelai hampir sama dengan susu sapi yang mana baik juga untuk pencernaan si kecil.