Seperti Apa Proses Pengajuan Kredit Mobil Toyota

0
229

Fasilitas kredit memudahkan Anda untuk membeli tetapi budget tidak mencukupi.  Terlebih, kini sudah banyak finance sevice yang menawarkan fasilitas cicilan mobil salah satunya yakni Toyota finance. Jika Anda berencana ingin mengajukan kredit, berikut ini merupakan tahapan pengajuan kredit mobil toyota.

Inilah proses Pengajuan Kredit Mobil Toyota

  • Datang ke cabang toyota finance terdekat

Hubungi cabang toyota terdekat dengan tempat tinggal Anda. toyota menyiapkan beberapa penawaran yakni lain paket suka-suka dan paket low dp. pada paket suka-suka konsumen hanya dibebankan angsuran Rp 1,7 juta sampai dengan Rp 2,3 juta perbulannya, dengan tenor maksimal tiga tahun. sementara Paket Low DP menawarkan uang muka mulai dari Rp 13 Jutaan khusus Toyota Agya dan Calya.

persyaratan umum untuk mengajukan kredit mobil toyota antara lain Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia,  berusia 21 – 60 (ketika kredit lunas) dan mempunyai pekerjaan serta penghasilan tetap setiap bulanya.

  • Pilih mobil yang sesuai anggaran

Sebelum memutuskan kredit mobil toyota, pilihlah jenis mobil yang sesuai budget Anda dan kemampuan Anda membayar cicilan. Karena setiap kredit akan berpengaruh terhadap stabilitas keuangan Anda. Jangan hanya karena tergiur DP murah lantas Anda langsung mengajukan kredit tanpa memperhatikan angsuran yang harus dibayar tiap bulannya. Pilih juga tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. sebab berpengaruh juga terhadap persetujuan kredit.

  • Mengecek riwayat kredit Anda

Biasanya pihak kreditur, termasuk toyota finance akan melakukan pengecekan untuk mengetahui kemampuan bayar Anda serta mengantisipasi kredit macet.  Tetapi sebelum pengecekan dilakukan, sebaiknya Anda melihat kembali riwayat kredit Anda. Jika tidak ada masalah, kemungkinan besar pengajuan kredit Anda akan diterima.

  • Uang Muka

Anda harus membayar uang muka sebelum kredit berjalan. Hal ini sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia selaku bank sentral yang berwenang untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia. Peraturan bank Indonesia menetapkan uang muka untuk kredit mobil sekitar 20-35%. Uang muka tersebut murni dalam hal ini belum termasuk biaya administrasi, asuransi, dan bunga kredit. Semakin besar jumlah uang muka yang dibayarkan maka semakin besar juga pilihan cicilan dan juga tenor masa kredit.

  • Data administrasi yang lengkap

Kelengkapan berkas administrasi merupakan faktor penting dalam pengajuan kredit mobil toyota sekaligus sebagai penentu agar permohonan kredit Anda cepat disetujui. Berkas-berkas yang harus Anda siapkan sebelum mengajukan kredit diantaranya KTP, KK, Rekening tabungan, rekening listrik, telepon dan PBB, Slip gaji serta berkas lain yang menunjang. Pastikan dokumen yang Anda berikan terbaru dan sesuai dengan domisili Anda sekarang.  Setelah mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, Anda bisa menghubungi cabang toyota finance terdekat untuk memesan mobil impian Anda.

Selain pengajuan, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal mengapa pengajuan kredit ditolak seperti penghasilan Anda tidak mencukupi untuk melakukan kredit, nama Anda masuk dalam blacklist Bank Indonesia, dokumen tidak lengkap, Anda memberikan data palsu saat survey, riwayat kredit Anda buruk, dan sebagainya.

Informasi mengenai kredit mobil toyota di atas semgoga bisa membantu Anda yang berencana mengajukan kredit mobil di TAF. Diskusikan dengan keluarga atau rekan Anda yang berpengalaman mengenai semua hal yang berhubungan dengan kredit mobil ini. Jangan lupa disiplinkan diri untuk membayar angsuran tiap bulannya agar tidak terjadi masalah. Lakukan juga perawatan mobil secara berkala untuk berkendara yang lebih nyaman.