2 Layanan Unggulan Kadin

0
61
kamar dagang dan industri indonesia
kamar dagang dan industri indonesia

Dunia usaha nasional yang tangguh merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, oleh karena itu keberadaan Kamar Dagang dan Industri Indonesia disingkat KADIN diharapkan bisa mewujudkan perekonomian nasional yang sehat dan dinamis dalam mewujudkan pemerataan, keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta berupaya meningkatkan ketahanan nasional dalam perekonomian nasional dan internasional.

Dalam usahanya mewujudkan perekonomian indonesia yang maju kadin mempunyai 2 layanan umum untuk memudahkan para pengusaha indonesia, berikut uraian 2 layanan tersebut:

1.   APEC Business Travel Card (ABTC)

Asia Pacific Economic Cooperation yang disingkat APEC merupakan organisasi Negara-negara Asia Pasifik yang bertujuan untuk membangun kerja sama ekonomi, APEC didirikan pada bulan November 1987 di Canberra dan memiliki 21 anggota ekonomi diantaranya:  Korea selatan, Taiwan, Hongkong, Jepang, Indonesia, Vietnam, Amerika serikat, Thailand, Singapura, Rusia, Philipina, peru, Papua Nugini, Selandia Baru, Meksiko, Malaysia, Kanada, Chili, Cina, Australia dan Brunei Darussalam.

Hasil gambar untuk kadin

APEC BUSINESS TRAVEL CARD yang disingkat (ABTC) adalah kartu perjalanan pebisnis yang berlaku di negara-negara APEC yang menerapkan skema KPP APEC kecuali Amerika Serikat dan Kanada.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sebagai organisasi dunia usaha dapat mengeluarkan rekomendasi untuk pembuatan kartu APEC yang merupakan salah satu persyaratan dalam pengajuan kartu ABTC.

2.   ATA Carnet

Admission Temporaire (ATA) Carnet merupakan dokumen untuk kegiatan impor barang sementara dan ekspor barang sementara, dalam bahasa sederhananya ATA Carnet diistilahkan sebagai “Paspor untuk Barang”

Dalam penggunaannya ATA Carnet dapat memajukan perdagangan, industri dan pariwisata karena memfasilitasi kegiatan olahraga Internasional dan Pameran, manfaat lain yang dapat dirasakan pebisnis secara langsung adalah efektifitas waktu dan biaya karena ATA Carnet menghapus pembayaran bea masuk dan pajak, dan menghindari kewajiban menyerahkan jaminan kepada bea dan cukai dipelabuhan karena jaminan sudah diserahkan kepada NIGA sebelum barang tersebut diberangkatkan. Selain itu ATA Carnet juga dapat digunakan untuk transit pabean dan di terima oleh 78 negara.

Demikian uraian tentang layanan yang diberikan kadin kepada para anggotanya untuk mempermudah pengusaha melakukan perjalanan bisnis dan melakukan kegiatan ekspor impor barang dari dan keluar negeri.