Resep Masakan Nusantara Mudah

Masakan Nusantara

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan nilai warisan leluhur, selain budaya bangsa yang saat ini semakin dilestarikan dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, negara kita juga kaya akan menu masakan nusantara yang khas dengan berbagai campuran rempah yang membuatnya selalu dirindukan. Setiap daerah di Indonesia memiliki menu masakan khasnya masing-masing, semuanya sangat memanjakan lidah saat dinikmati baik sendiri maupun bersama orang-orang tersayang.

Masakan Nusantara
Masakan Nusantara

Meskipun beberapa resep masakan memiliki citarasa pedas, namun pedasnya memberikan kenikmatan tersendiri. Saat ini semakin banyak masakan Indonesia yang diakui oleh bangsa lain dan sangat disukai di negeri sebrang, seperti rendang, nasi goreng, sate, dan lainnya. Berikut ini kami hadirkan resep khas nusantara lainnya, yakni Ikan kembung bakar khas Padang yang bisa anda buat dengan mudah:

1. Siapkan bahan yang diperlukan
Untuk membuat masakan nusantara pedas ini, siapkan 3 ekor ikan kembung banjar berukuran sedang, 1 buah jeruk nipis, 60-70 ml santan kental, dan berbagai bumbu untuk dihaluskan seperti 8-10 buah cabai merah atau sesuai selera, 8 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 ruas kunyit, 1 ruas lengkuas, 1 ruas jahe. Siapkan juga bumbu lain seperti 1 batang serai yang dimemarkan, 1 lembar daun kunyit yang disimpulkan, 5 lembar daun jeruk purut yang telah dibuang tulang tengahnya, garam, gula dan lada secukupnya, 5 sendok makan minyak goreng, setengah gelas air putih, dan margarin secukupnya untuk mengolesi panggangan.

2. Cara pembuatan
Pertama-tama bersihkan ikan dan kucuri dengan air jeruk nipis lalu lumuri dengan sedikit garam. Panaskan minyak goreng dan masukkan bumbu halus dan bumbu lainnya lalu tumis sampai mengeluarkan bau harum dan tuangkan air. Tambahkan santan, garam, gula dan merica lalu aduk sampai mendidih, jangan lupa mencicipi rasanya. Berikutnya masukkan ikan dan lumuri bumbu sampai merata. Masak menggunakan api sedang sambil diaduk perlahan sampai bumbu meresap dan mengental lalu matikan api. Panaskan panggangan yang telah diolesi margarin, panggang ikan di atas api kecil dan bolak-balik ikan sambil diolesi sisa bumbu sampai matang merata.

Itulah resep ikan kembung bakar khas padang sebagai salah satu masakan nusantara yang nikmat dan mudah dibuat sendiri, selamat mencoba!

Leave a Reply