Resep Makanan Tradisional Kue Rintak Khas Bangka

0
52
Resep Makanan Tradisional
Resep Makanan Tradisional

Jika Anda kebetulan berlibur ke Bangka Belitung, jangan sampai melewatkan untuk membeli cemilan khasnya yaitu Kue Rintak di pusat oleh-oleh khas Bangka. Kue Rintak merupakan salah satu makanan ringan atau camilan ringan khas dari Bangka Belitung dengan ciri khas teksturnya yang sangat lembut. Kue rintak memiliki citarasa manis yang pas dan sedikit gurih. Resep makanan tradisional yang satu ini cukup populer di tengah – tengah masyarakat Tanah Air dan cara pembuatannya pun tidaklah terlalu rumit.

Kue Rintak khas Bangka ini didominasi oleh rasa dari bahan dasar sagu yang kuat, namun tetap rasa manisnya ada. Selain membeli, Kue Rintak pun bisa dibuat langsung di rumah bersama keluarga karena resep makanan tradisional ini sangat mudah. Kue rintak ini sangat cocok dijadikan camilan ringan sebagai hidangkan santai bersama secangkir kopi atau teh hangat.

Cara membuat Kue Rintak sangat mudah dipraktekkan karena di dalam resep pembuatannya tidak membutuhkan bahan – bahan dan alat yang sulit. GULAKU Tebu sangat direkomendasikan untuk menciptakan cita rasa manis yang pas dan khas untuk Kue Rintak khas Bangka ini. Berikut bahan dan cara pembuatan Kue Rintak:

Bahan Pembuatan :

400 gr GULAKU Tebu (adonan santan)

175 gr GULAKU Tebu (adonan kue)

200 gr gula merah

750 ml santan kelapa kental

10 lembar daun jeruk

3 butir telur ayam

1 kg tepung sagu

Resep Makanan Tradisional

Cara Pembuatannya :

Panaskan wajan terlebih dahulu dan sangrai tepung sagu hingga harum di atas wajan tersebut. Angkat, kemudian tiriskan hingga dingin.

Masukkan santan kelapa kental bersama GULAKU Tebu dan daun jeruk menjadi satu campuran bahan, lalu rebus. Selanjutnya, aduk hingga campuran tersebut rata dan mendidih hingga terlihat mengental. Angkat rebusan tersebut dan biarkan sampai dingin.

Untuk membuat adonan kue, kocok telur bersama GULAKU Tebu asli hingga putih dan mengental. Kemudian tuangkan santan secara perlahan hingga tercampur rata. Tambahkan 2 sendok makan tepung sagu, aduk sampai rata kemudian diamkan selama satu malam.

Ambil adonan sedikit saja, kemudian beri sedikit tepung sagu sambil diaduk dan diuleni sampai menjadi adonan yang mudah untuk dibentuk. Pipihkan atau bisa juga giling adonan, cetak sesuai selera masing – masing, letakkan dan susun pada loyang kue yang sebelumnya sudah diolesi dengan sedikit minyak atau mentega.

Langkah terakhir, Panggang dengan suhu mencapai 160 C selama 15-20 menit. Angkat, lalu dinginkan dan Kue Rintak siap dihidangkan.

Bersama GULAKU Tebu asli, resep makanan tradisional apapun menjadi lebih istimewa. Selamat mencoba!