Resep Makanan Tradisional Bika Ambon Medan

0
40
makanan tradisional
makanan tradisional

Ketika anda datang ke Sumatera jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional Sumatera. Salah satunya yaitu kue tradisional yang beragam jenis bentuk dan juga rasanya. Salah satu kue tradisional yang berasal dari Sumatera khususnya kota Medan yang sudah tidak asing lagi yaitu Kue Bika Ambon.

Kue Bika Ambon menggunakan bahan tepung terigu dan juga tepung sagu. Dalam proses pengolahan nya, kue basah yang satu haruslah tepat karena jika salah hasil kue akan bantet dan tidak keluar bolong-bolong. Penasaran dengan bahan-bahan dan juga cara pembuatan makanan tradisional dari Sumatera yang satu ini? berikut ini merupakan bahan dan juga cara pengolahannya.

  1. Pertama-tama anda bisa mempersiapkan bahan-bahan seperti:
  • 300 gram tepung sagu
  • 100 gram tepung terigu
  • 200 ml air kelapa
  • 11 gram ragi instan
  • 600 ml santan
  • 15 sampai 18 butir telur ayam berukuran kecil
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam
  • 450 gram gula pasir ( gunakan gula pasir Gulaku)
makanan tradisional
Makanan Tradisional

Setelah semua bahan tersedia, maka anda bisa mengambil wadah yang digunakan untuk mencampurkan tepung terigu, dan juga ragi instan. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur sempurna. Kemudian anda bisa menambahkan sedikit demi sedikit 200 l air kepala ke wadah tepung terigu tadi.

Campur semua bahan sampai tidak ada gumpalan tepung. Selanjutnya diamkan sekitar 15 menit adonan tadi. Langkah berikutnya yaitu anda bisa mengambil wadah untuk mencampurkan gula pasir Gulaku, garam, dan juga vanilli.

Aduk semua bahan sampai rata. Selanjutnya anda bisa memasukkan kuning telur yang telah dipisahkan sebelumnya. Aduk sampai semua bahan tercampur merata dan sempurna. Selanjutnya masukkan adonan tepung tadi dan jangan lupa untuk menambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit dan aduk sampai rata.

Selanjutnya masukkan 600 ml santan ke dalam adonan dan aduk sampai semua bahan tercampur. Diamkan selama 2 jam agar adonan mengembang. Selanjutnya masukkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak. Oven adonan dengan menggunakan api sedang, panggang sekitar 7 sampai 13 menit sampai warnanya kecoklatan. Dan Kue Bika Ambon siap untuk disajikan.