Pilihan Kuliner Kue Kukus Lezat Khas Indonesia

0
227
Pilihan Kuliner Kue Kukus Lezat Khas Indonesia
Pilihan Kuliner Kue Kukus Lezat Khas Indonesia

Indonesia merupakan negara yang amat kaya dengan berbagai macam budayanya. Indonesia juga telah diakui memiliki kuliner yang beragam dengan rasa nan lezat. Berbagai macam menu kuliner Indonesia kerap menjadi salah satu dari sekian banyak kuliner terlezat di dunia, sebut saja sate dan rendang nya yang terkenal. Tapi masih ada lagi yang juga tak kalah terkenal, yaitu kudapan khas Indonesia yang juga begitu beragam. Sebut saja dengan banyaknya jenis kue kukus yang tersedia dengan cita rasa nan berbeda.

Selain roti kukus, banyak juga camilan khas Indonesia lain yang dipanggang, digoreng dan proses pemasakan lainnya. Tak heran dengan banyaknya jenis kudapan tersebut, banyak wisatawan asing yang selalu rindu akan kelezatan makanan dan kue dari Indonesia. Berikut ini beberapa jenis kue asli Indonesia yang populer:

1. Wajik

Apabila banyak negara Barat yang bangga akan kelezatan coklat, maka Indonesia pun punya kue yang tak kalah manis dan lezat yaitu wajik. Wajik ini terbuat dari beras ketan dengan dicampur gula Jawa atau gula pasir. Selain itu, wajik juga ditambah dengan santan sehingga memiliki cita rasa yang khas manis, gurih dan legit sehingga banyak yang menyukainya.

2. Putri selat

Dengan warna hijaunya, putri selat selalu mampu membangkitkan selera para penikmatnya. Putri selat ini merupakan makanan yang khas dari daerah Sumatera. Kue basah ini terbuat dari perpaduan tepung beras, gula pasir, santan dan daun pandan sehingga memiliki rasa yang begitu manis dan harum daun pandan yang membuat lidah tak ingin berhenti menyantapnya.

3. Serabi Solo

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Serabi Solo memiliki bentuk bulat dengan rasa gurihnya yang tiada tara. Selain itu, proses pembuatan dengan dimasak di atas wajan cekung ini menjadikannya memiliki harum yang amat berbeda. Bagian bawah serabi biasanya memiliki tekstur agar kering dan bagian atasnya lembut nan gurih. Kini serabi juga sudah mulai modern dengan munculnya serabi rasa coklat, serabi durian dan masih banyak lagi.

4. Putu Mayang

Putu mayang ini terbuat dari ubi merah yang kemudian diproses sedemikian rupa dan dibentuk menjadi lebih indah dengan warna nan terang. Terhidang bersama parutan kelapa, membuat rasanya kian gurih dan sedap. Nikmati putu mayang bersama segelas teh hangat ketika sore hari, menjadi kenikmatan yang akan didapat dari cara sederhana.

5. Cucur

Bentuknya sederhana, bulat dan cekung dengan warna yang gelap. Namun jangan tanya akan rasanya karena luar biasa lezatnya. Rasa manis yang ringan dari gula Jawa dengan tekstur yang garing di pinggirnya dan lembut di tengah membuat Anda tidak akan cukup jika hanya makan satu kue cucur saja.

6. Bika Ambon

Meski namanya bika Ambon, namun kue bika ini berasal dari Medan. Teksturnya halus dengan gerat-gerat di bagian dalam menjadikan kue ini istimewa karena kenyal di mulur. Rasa gurih, manis namun ada sedikit asam menjadikan bika Ambon selalu dirindukan.

7. Klepon

Bentuknya bulat dengan warna hijau cerah dan bertabur kelapa parut. Ya, makanan ini adalah klepon. Isiannya berupa gula jawa dengan bagian luar terbuat dari ketan lalu disajikan bersama kelapa parut gurih. Rasa yang sempurna.

Itulah beberapa kue kukus khas Indonesia. Memang kebanyakan terbuat dari tepung beras namun rasanya luar biasa lezat. Jika Anda ingin membuat kue baik dari tepung beras atau tepung terigu, pastikan memilih margarin berkualitas yaitu Blueband. Dengan keharuman dari Blueband, kue yang dibuat pasti akan terasa semakin menggugah selera.

Leave a Reply