Perusahaan Sekuritas untuk Kemananan Saham

0
167

Sebelum era elektronik, jika Anda melakukan investasi, Anda diberikan sertifikat kertas atau semacamnya, yang berfungsi sebagai dokumentasi investasi Anda dan menguraikan persyaratan investasi. Sertifikat kertas ini disebut surat berharga, dan itu bukti investasi Anda. Sekuritas kertas dapat dibeli dan dijual, sama seperti kita membeli dan menjual saham atau obligasi atau saham reksadana hari ini. Saat ini, istilah keamanan mengacu pada hampir semua instrumen keuangan yang dapat dinegosiasikan, seperti saham, obligasi, kontrak opsi, atau saham reksa dana. Sekuritas terbagi dalam tiga kategori besar: utang, ekuitas, atau derivatif. Perusahaan sekuritas sangat penting perannya untuk tiga hal tadi. Berikut akan dijelaskan lebih rinci:

Keamanan hutang

Ketika bisnis meminjam uang untuk tumbuh, pertama, itu akan meminjam menggunakan cara tradisional: bank. Bank tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko, sehingga mereka hanya akan meminjamkan begitu banyak pada bisnis. Setelah opsi itu habis, bisnis harus pergi ke pasar modal dan mengeluarkan surat utang yang disebut obligasi. Ketika Anda membeli obligasi, Anda meminjamkan uang Anda ke perusahaan (atau kota), dan mereka harus membayarnya kembali dengan bunga. Pembayaran bunga ini disebut pembayaran kupon dan biasanya diterbitkan setiap enam bulan.

Efek Ekuitas

Ketika sebuah bisnis mengambil pemilik tambahan untuk tumbuh, ia dapat menemukan investor swasta atau pergi ke pasar modal melalui perusahaan sekuritas dan menerbitkan sekuritas dalam bentuk saham yang diperdagangkan secara publik. Ekuitas mewakili kepemilikan; ketika Anda membeli saham, Anda membeli kepemilikan dalam suatu perusahaan, dan ketika perusahaan menghasilkan laba, Anda akan berpartisipasi dalam keuntungan itu dalam salah satu dari dua cara. Entah perusahaan akan membayar dividen — yang akan Anda terima setiap tiga bulan — atau mereka akan menggunakan laba mereka untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut. Jika bisnis terus tumbuh, Anda akan melihat peningkatan nilai saham Anda.

Efek Derivatif

Dengan sekuritas derivatif, alih-alih memiliki sesuatu secara langsung, seperti saham suatu saham, Anda memiliki hak untuk memperdagangkan sekuritas finansial lainnya dengan persyaratan yang telah disepakati sebelumnya. Kontrak opsi adalah jenis keamanan derivatif. Mereka memberi Anda hak untuk membeli atau menjual saham sekuritas yang ada dengan harga tertentu pada tanggal yang ditentukan di masa depan. Anda membayar untuk hak ini, dan harga yang Anda bayar disebut premium.

Pasar Sekuritas

Pasar sekuritas tidak jauh berbeda dari pasar real estat. Sama seperti pasar perumahan yang terdiri dari jutaan keluarga yang semuanya memiliki impian akan kepemilikan rumah, pasar sekuritas terdiri dari ribuan pemilik bisnis yang semuanya memiliki visi membangun dan menumbuhkan bisnis yang sukses dan berkembang. Sebagian besar bisnis besar ini tidak akan pernah dapat mencapai tingkat kesuksesan mereka tanpa meminjam atau mengumpulkan uang dengan cara tertentu, seperti kebanyakan dari kita tidak akan dapat memiliki rumah tanpa terlebih dahulu mengambil hipotek. Setiap ide bisnis harus mendapatkan modal dari suatu tempat, karena digunakan untuk membangun infrastruktur yang diperlukan untuk menumbuhkan bisnis.

Dalam kasus yang jarang terjadi, pemilik bisnis memiliki cukup uang untuk mendanai bisnis itu sendiri. Dalam kasus ini, perusahaan tetap menjadi milik pribadi, dan pemilik dapat menyimpan semua keuntungan. Jika pemilik bisnis tidak memiliki uang yang mereka butuhkan untuk berkembang, mereka dapat meminjamnya atau mengambil pemilik tambahan yang memang memiliki modal — di situlah Anda, investor, terlibat. Sekian artikel ini. Di Indonesia, anda dapat menjadikan mandiri sekuritas sebagai rujukan dalam kesuksesan bisnis saham anda. Semoga bermanfaat tulisan ini.