Perlunya Menggunakan Mesin Cuci Piring

0
59
Perlunya Menggunakan Mesin Cuci Piring
Perlunya Menggunakan Mesin Cuci Piring

Tugas membereskan rumah merupakan salah satu tanggung jawab seorang ibu. Namun, tugas ini juga bisa dilakukan bersama-sama oleh setiap anggota rumah tangga, agar bisa meringankan beban ibu. Sesuai perkembangan teknologi kini banyak diciptakan mesin skala rumah tangga untuk meringankan beban kerja ibu. Salah satunya adalah mesin cuci piring. Mesin ini berguna untuk membersihkan peralatan dapur seperti berbagai macam piring, gelas, sendok, dan lainnya. Model mesin ini hampir sama seperti mesin cuci pakaian. Kebanyakan mesin ini dipakai di dapur restoran, atau perusahaan ketring makanan lainnya yang membutuhkan kekuatan pencuci piring yang cepat dan sekaligus. Mesin ini juga bisa membantu meringankan beban kerja ibu jika sudah terasa merepotkan mencuci secara manual.

Sama halnya dengan mesin cuci pakaian, mesin cuci piring juga membutuhkan air dan detergen untuk mampu membersihkan peralatan dapur yang kotor. Namun, bedanya terletak pada air dan detergen yang digunakan. Mesin pencuci piring memerlukan air dengan suhu 55-65oC, serta memerlukan detergen yang memiliki kekuatan untuk mencuci perabot dapur dengan baik. Secara umum, cara kerja dari mesin pencuci piring ini adalah dengan menyemprotkan detergen yang sudah dicampurkan dengan air panas ke peralatan makan atau masak yang akan dicuci. Kemudian setelah proses itu selesai, tinggal menyemprotkan air bersih pada perabot yang dicuci untuk menghilangkan kotoran yang sudah dibersihkan dengan detergen.

Manfaat Menggunakan Mesin Cuci Piring

Penggunaan mesin cuci ini akan sangat bermanfaat untuk ibu agar ibu tidak terlalu lelah dalam mengurus pekerjaan rumah. Ibu sebenarnya seorang yang pekerja keras dimana ia dituntut untuk bekerja dariĀ  bangun tidur sampai akan tidur kembali. Tak jarang, ia pun dituntut untuk bangun lebih pagi untuk memulai pekerjaan rumah tangganya. Adapun manfaat yang diperoleh jika menggunakan mesin cuci piring ini yaitu sebagai berikut :

  • Hasil bisa lebih bersih dan higienis. Hasil yang maksimal bersih diperoleh dari mesin cuci piring ini sebagai akibat dari perpaduan antara detergen dengan air panas sehingga bisa merontokan kotoran yang menempel dan mungkin membandel. Mesin ini tertutup dan tidak ada campur tangan manusia serta tidak ada kontak langsung dengan udara. Hal ini bisa mencegah dari kontaminasi langsung terhadap piring dicuci. Sehingga piring dapat lebih higienis dan aman untuk digunakan kembali.
  • Efisiensi waktu dan tenaga. Menggunakan mesin cuci sudah pasti bisa menghemat waktu dan menghemat tenaga. Waktu dan tenaga yang seharusnya digunakan untuk mencuci piring bisa digunakan untuk kegiatan lain atau hanya untuk istirahat saja. Sehingga ibu bisa tidak terlalu lelah dalam mengurusi pekerjaan rumah.
  • Hemat air. Air yang digunakan untuk mencuci akan lebih sedikit karena mesin ini bisa mencuci piring sekaligus. Sehingga mencegah terjadinya pembuangan air secara sia-sia.

Berdasarkan keuntungan dari manfaat penggunaan mesin tersebut, bisa menjadi rekomendasi untuk para ibu-ibu. Para ibu juga bisa lebih leluasa untuk melakukan pekerjaan lain, setidaknya beban kerja berkurang sedikit di setiap harinya. Cara cuci yang bisa diatur kecepatannya bisa dilakukan dengan mudah. Penggunaan detergen yang kuat dan air panas untuk mengangkat kotoran juga berperan penting untuk mencapai hasil yang maksimal ini. Detergen yang dibutuhkan untuk mesin cuci piring ini perlu digunakan sabun cuci piring khusus yaitu Sunlight karena dipercaya bisa mengangkat noda membandel di perabot dapur terutama yang disebabkan oleh sisa-sisa minyak.

Leave a Reply