Perkembangan Janin di Minggu – Minggu Penting Masa Kehamilan

0
97
perkembangan janin tiap minggu
perkembangan janin tiap minggu

 

Bagi anda yang sedang hamil tentu selalu antusias untuk menyaksikan dan melihat perkembangan janin tiap minggu, di mana setiap wanita hamil tentu berharap bayinya berkembang dengan baik. Para wanita hamil memiliki banyak pertanyaan dibenaknya, seperti sebesar apa bayi mereka di usia minggu ini ? bagaimana perkembangannya ? apa jenis kelaminnya dan masih banyak kepenasaran yang hinggap di pikiran Ibu hamil. Oleh karena itu, tak heran jika laman pencarian informasi dari media internet pun selalu dipenuhi dengan pencarian informasi tersebut terutama bagi mereka yang membutuhkan info seputar kehamilan. Yang perlu anda lakukan adalah tak hanya sekedar mencari informasi mengenai pertanyaan dan rasa penasaran anda, namun yang paling penting adalah bagaimana anda menjaga serta merawat kondisi kesehatan demi menjaga perkembangan janin dengan baik.

Salah satu perawatan dan penjagaan rutin adalah memeriksakan diri dan janin pada balai kesehatan, bidan maupun dokter agar anda mengetahui kondisi kesehatan serta pertumbuhan janin di dalam rahim. Selain itu berikut ini informasi yang mungkin sedang anda butuhkan yaitu perkembangan janin di minggu – minggu penting masa kehamilan, berikut ulasannya.

  1. Perkembangan mata dan telinga terjadi pada usia memasuki minggu ke 8 kehamilan, yang mana pada waktu tersebut semua bayi mengembangkan telinga dan mata mereka dan pada masa ini, panjang bayi sekitar 2 cm dari kepala hingga bokong.
  2. Tubuh sepenuhnya terbentuk memasuki usia minggu ke 12, panjang bayi mencapai 5 cm dari ujung kepala hingga bokong. Pada tahapan usia ini, tubuh bayi sudah sepenuhnya terbentuk termasuk juga jari – jari dan kuku, lalu jari kaki dan telinga juga sudah mulai berbentuk meski belum sempurna.
  3. Alat kelamin terbentuk setelah minggu ke 12 kehamilan, janin akan mengalami perkembangan yang cukup nampak dan signifikan. Anda pun dapat melakukan USG untuk mengetahui jenis kelamin di usia ini.
  4. Yang menarik adalah ukuran bayi yang sudah cukup besar serta mencapai setengah dari ukuran badannya pada saat lahir nanti, biasanya terjadi pada tahapan usia minggu ke 20 kehamilan.
  5. Bayi dapat mendengar pada usia minggu ke 24, sedangkan mulai bernafas pada minggu ke 27, dapat mencium bau pada usia 28 minggu dan membuka matanya pada saat memasuki minggu ke 32 kehamilan.
  6. Bayi lahir pada pada umumnya di minggu ke 40, dan usia tersebut merupakan usia di mana bayi sudah siap untuk dilahirkan.

Demikian tahapan penting perkembangan janin tiap minggu pada masa kehamilan, jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan agar janin berkembang dengan baik.  

 

Leave a Reply