Peran Ayah di Dalam Perkembangan Putrinya

0
97
peran ayah
peran ayah

Ayah adalah teladan dan idola bagi anak laki-lakinya. Dialah yang menjadi model bagaimana mereka harus bersikap, dan membimbing supaya nantinya mereka akan menjadi kepala keluarga yang baik. Namun peran ayah tak hanya terbatas pada putranya saja. Anak perempuan pun juga mendapatkan banyak pelajaran yang berharga dari para ayah mereka. Sadarilah ini ketika Anda berhadapan dengan putri Anda.

Seorang ayah adalah pria pertama yang dikenal anak perempuan mereka. Tergantung dari bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka, ini akan mempengaruhi penilaian mereka bagi lawan jenisnya. Anda sebagai ayah mungkin merasa kikuk, tak tahu bagaimana harus bersikap lantaran sulit mengerti perasaan wanita, bahkan anak Anda sendiri. Namun, ini bukan alasan untuk Anda tidak melakukan peran seorang ayah.

Untuk menjadi bapak yang baik bagi anak perempuan Anda, inilah yang harus Anda lakukan:

  1. Menyayangi istri

Putri Anda akan melihat bagaimana Anda memperlakukan istri. Jika Anda menyayangi, menghormati, dan rajin membantu, mereka akan melihat bahwa inilah kualitas pria yang sesungguhnya, sehingga mau menerima nasihat yang Anda berikan, lantaran tahu bahwa Anda sendiri menjalankan nasihat Anda.

  1. Bersikap adil

Ketika Anda mempunyai anak laki-laki dan perempuan, bersikaplah adil terhadap keduanya. Jangan membatasi kegiatan putri Anda lantaran alasan seperti “terlalu kelaki-lakian”. Di zaman modern ini, putri Anda akan memerlukan semua skill yang bisa Anda ajarkan.

  1. Berkomunikasi

Bukalah diri Anda untuk mengajak anak bicara, terutama ketika mereka mulai mengenal lawan jenis. Ingatlah, Anda sebagai pria menjadi patokan yang akan mempengaruhi keputusan mereka dalam mencari pasangan.

  1. Mengajarkan norma dan disiplin

Tegaslah dan ajarkan bahwa di dunia ini, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi, dan batasan yang harus diperhatikan. Berikan pengertian bahwa setiap perbuatan akan ada konsekuensinya.

Mengajarkan kemandirian, skill dalam kehidupan, dan menunjukkan bagaimana seharusnya seorang pria bersikap pada keluarganya, adalah peran ayah yang bisa diberikan kepada para putrinya. Berikan rasa aman pada anak Anda, sehingga mereka mau membicarakan kesulitan yang dihadapi. Beri tahu mereka bahwa sebagai seorang wanita, mereka mempunyai hak yang sama dengan pria untuk dihargai dan juga dihormati.

Leave a Reply