Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

0
84
buah buahan untuk ibu hamil
buah buahan untuk ibu hamil

Pada tiga bulan pertama kehamilan atau trimester awal, ibu hamil mudah mengalami keguguran. Oleh sebab itu, diwajibkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Makanan yang Anda konsumsi tiap harinya saat hamil muda haruslah kaya akan berbagai nutrisi. Makanan ini tidak hanya baik untuk Anda, tapi bermanfaat pula bagi perkembangan janin dalam kandungan.

Selama masa ini, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan mengandung asam folat. Zat ini bisa mencegah keguguran, bayi lahir cacat seperti spina bifida, atau kelahiran prematur.  Asam folat dapat Anda temui pada makanan seperti kacang merah, bayam, sawi, selada, brokoli, wortel, asparagus, kacang polong, jagung, kacang kedelai, buncis, alpukat, jambu biji dan stroberi.

Saran Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil sering mengalami kelelahan saat hamil muda. Bila Anda mengalaminya, coba cek darah merah Anda. Jangan-jangan Anda mengalami anemia. Anemia yang biasa terjadi pada ibu hamil kebanyakan disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti beras merah,biji-bijian, kacang-kacangan, daging sapi, daging unggas, dan makanan laut.

Anda disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh sebanyak tiga porsi tiap harinya. Jenis makanan ini mengandung banyak serat yang baik untuk mencegah Anda mengalami konstipasi dan wasir saat hamil. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu roti dan sereal dari biji-bijian utuh, atau nasi merah.

Sumber protein jangan terlewat dari diet harian Anda. Cobalah untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi makanan berprotein tiap harinya seperti daging tanpa lemak, telur, daging unggas, atau ikan. Produk olahan susu mengandung kalsium yang baik untuk Anda dan pertumbuhan tulang janin. Produk susu yang bisa Anda konsumsi yaitu susu, keju, dan yogurt rendah lemak atau tanpa lemak.

Rasa lelah saat hamil bisa diatasi dengan mengonsumsi air kelapa atau air yang dicampur perasan lemon. Minuman jenis ini dapat Anda coba untuk mengatasi rasa mual yang kerap muncul di trimester awal ini. Selama trimester awal ini, hindari mengonsumsi makanan mentah, setengah matang, dan yang belum dipasteurisasi.

Saat mengonsumsi makanan laut, Anda harus berhati-hati karena ada beberapa jenis yang seafood yang terkontaminasi merkuri, zat yang bisa merusak sistem saraf janin. Seafood yang harus dihindari oleh ibu hamil muda seperti ikan tongkol, ikan kakap putih, dan ikan makarel. Jika Anda ngidam pada makanan tersebut, cobalah untuk menahan hawa nafsu tersebut demi kebaikan Anda dan buah hati dalam kandungan.

 

Disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda dalam porsi sedikit namun sering. Hal ini guna mencegah rasa mual yang kerap datang pada trimester awal.

Tips Mempersiapkan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Mengolah makanan sendiri adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas dan kesehatan bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini beberapa tips untuk para calon ibu untuk menyiapkan sendiri makanan sehat untuk ibu hamil:

-Cuci semua sayur dan buah yang akan dimasak agar bersih dari sisa-sisa tanah yang dapat mengandung toksoplasma.

-Untuk menghindari kontaminasi seperti campylobacter, salmonella, dan E.coli, pisahkan penyimpanan makanan mentah, terutama daging, dengan makanan siap santap di dalam lemari pendingin.

-Gunakan talenan berbeda untuk memotong daging mentah dengan alasan serupa di atas.

-Masak daging hingga benar-benar matang. Perhatikan baik-baik hingga tidak menyisakan warna merah, terutama untuk daging yang masih dilapisi kulit. Begitu juga ketika memasak telur.

-Cuci bersih tangan Anda dan seluruh perlengkapan dapur yang digunakan untuk memotong dan mengolah daging mentah. Cara ini juga akan berdampak baik ketika Anda mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Leave a Reply