Pengobatan dan Perawatan Haid Tidak Teratur

0
53
haid tidak teratur
haid tidak teratur

Setiap wanita itu berbeda, termasuk menstruasi. Beberapa terjadi teratur seperti layaknya jarum jam yang berputar. Tetapi yang lain mengalami haid tidak teratur dan tidak dapat diprediksi. Rata-rata, seorang wanita mendapat menstruasi setiap 24 hingga 38 hari. Periode biasanya berlangsung sekitar 2 hingga 8 hari. Apakah menstruasi Anda tidak teratur? Dan jika demikian, apakah perlu perawatan? Anda mungkin memiliki periode tidak teratur jika:

  1. Waktu antara setiap periode mulai berubah
  2. Anda kehilangan lebih banyak atau lebih sedikit darah selama periode dari biasanya
  3. Jumlah hari yang haid Anda berakhir sangat bervariasi

Penyebab Terjadinya Periode Haid Tidak Teratur

haid tidak teratur

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan menstruasi Anda tidak teratur. Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh Anda dapat mengganggu pola normal menstruasi Anda. Itu sebabnya gadis-gadis muda melewati masa pubertas dan wanita yang mendekati menopause umumnya mengalami haid tidak teratur. Penyebab umum lainnya dari periode tidak teratur termasuk:

  1. Menggunakan alat kontrasepsi (IUD)
  2. Mengubah pil KB atau menggunakan obat – obatan tertentu
  3. Terlalu banyak berolahraga
  4. Sindrom ovarium polikistik
  5. Kehamilan atau menyusui
  6. Tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) atau tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme)
  7. Penebalan atau polip pada lapisan uterus

Perawatan Untuk Haid Tidak Teratur

Anda mungkin tidak memerlukan perawatan untuk periode yang tidak teratur kecuali hal tersebut mengganggu Anda. Atau jika Anda membutuhkan perawatan untuk kondisi lain yang mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Sindrom ovarium polikistik dan hipotiroidisme adalah dua penyebab umum menstruasi yang tidak teratur pada wanita. Secara umum, tujuan perawatan adalah mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh.

Jika Anda memiliki PCOS, dokter Anda dapat merekomendasikan pil KB untuk memicu menstruasi. Jika Anda memiliki hipotiroidisme ( tiroid yang kurang aktif ), Anda mungkin perlu mengkonsumsi hormon tiroid. Satu hal lain yang dapat membantu termasuk mengubah kontrol kelahiran. Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur setelah 3 bulan kontrasepsi hormonal, dokter Anda dapat merekomendasikan jenis kontrasepsi lain. Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur ketika menggunakan Nexplanon, Depo – Provera , atau IUD. 

Dan untuk mengetahui jadwal haid Anda agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan alat bernama Femometer dan dipadukan aplikasi Android yang dapat Anda unduh di Google Play Store. Dan bagi yang melaksanakan program kehamilan, Anda dapat memakai Ovutest Femometer untuk memastikan kedatangan masa ovulasi.