Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Kuliah DKV

0
46
Kuliah DKV
Kuliah DKV

DKV (Desain Komunikasi Visual) merupakan salah satu jurusan kuliah yang kini sudah cukup populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak universitas atau lembaga pendidikan yang menawarkan jurusan kuliah DKV untuk para lulusan baru, atau mereka yang berminat menggelutinya.

Lulusan DKV pun memiliki banyak peluang kerja yang terbilang potensial. Nah, berikut ini akan kami paparkan pekerjaan apa saja yang cocok untuk lulusan DKV:

Kuliah DKV

1.  Desain Grafis

Seorang graphic designer saat ini sudah cukup populer dan banyak dibutuhkan. Bahkan, kebanyakan lulusan DKV banyak yang berkecimpung di dalam dunia ini. Perusahaan yang menawarkan lowongan untuk graphic designer umumnya merupakan perusahaan agensi periklanan, perfilman, perusahaan video games, dan masih banyak lainnya.

2.  Web Desainer

Lulusan DKV juga sangat sering berkarir menjadi seorang web designer terkemuka. Hal ini dikarenakan ilmu DKV juga mencakup web designer sehingga lulusannya bisa langsung bekerja menjadi seorang web designer. Pekerjaan ini cukup banyak dibutuhkan. Anda bisa bekerja di suatu perusahaan atau agency, atau membuka layanan sendiri.

3.  Ilustrator

DKV juga meliputi pekerjaan sebagai illustrator. Ada banyak pekerjaan yang menunggu para lulusan DKV untuk menjadi seorang illustrator. Pekerjaan dalam bidang ini meliputi sketsa menggunakan alat tulis dan juga komputer.

Illustrator adalah pekerjaan yang akan berkutat dalam pembuatan gambar. Pembuatan gambar tersebut untuk keperluan periklanan, storyboard dan masih banyak lainnya. Perusahaan yang bergerak dalam industri ini umumnya merupakan production house film, iklan, penerbitan, biro agensi iklan, dan lainnya.

4.  Art Director

Dalam dunia advertising atau pengiklanan, seorang art director sudah cukup dikenal sebagai pekerjaan yang bertanggung jawab dalam menerjemahkan teks ke dalam bentuk visual. Teks yang dimaksud adalah teks berupa copywriter atau bentuk teks periklanan. Dengan begitu, iklan akan tervisualisasi.

Seorang lulusan DKV akan mampu menerjemahkannya hingga mengoptimalkan iklan yang dari bentuk sebuah tulisan menjadi visual yang baik.

5.  Seorang Freelance Designer

Freelance designer merupakan salah satu pekerjaan yang kini cukup potensial di tanah air. Bahkan, seorang designer sangat dibutuhkan baik oleh perusahaan-perusahaan, lembaga pemerintah, hingga perorangan. Tugas seorang designer adalah membuat logo, membuat desain brosur, dan berbagai desain untuk keperluan pengiklanan dan lainnya.

Seorang lulusan DKV mampu membuat sebuah gambar yang menarik untuk berbagai kebutuhan. Dengan begitu perusahaan-perusahaan besar bisa memiliki sebuah logo atau periklanan terbaik untuk kebutuhan usahanya.

6.  Creative Director

Pekerjaan ini memiliki peranan penting di dalam industri kreatif. Seorang creative director berperan penting dan banyak dibutuhkan oleh pengarah konsep kreatif program televisi. Pekerjaan ini berperan sangat penting untuk membuat konsep iklan agar bisa sesuai dengan keinginan klien.

Untuk lulusan DKV, bekerja di posisi ini akan menjadi suatu keuntungan besar. Karena, akan sesuai dengan apa yang dipelajari dan sesuai dengan passion. Posisi ini pun banyak dibutuhkan karena jarang sekali orang memiliki kemampuan tersebut.

Itulah 6 pekerjaan yang bisa diambil oleh para lulusan kuliah DKV. Anda bisa memilih salah satu mana yang sesuai dengan kemampuan dan passion Anda. Saat ini, lulusan DKV sangat dibutuhkan dan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di berbagai daerah.

Semoga pemaparan artikel di atas dapat membantu Anda dalam menentukan jurusan apa yang sedang Anda butuhkan. Untuk Anda yang berencana mengambil jurusan tersebut, Anda bisa menimba ilmu di IDS (International Design School).