Pantangan Darah Tinggi : 3 Jenis Makanan dan Kegiatan yang Wajib Dihindari

0
88
tekanan darah tinggi

Penyakit darah tinggi dapat terjadi ketika jantung yang memompa darah melalui arteri terlalu menekan sangat kuat dinding arteri tersebut. Penyakit tekanan darah tinggi jika dibiarkan dan tidak ditanggapi dengan serius maka dapat berakibat fatal dan sangat membahayakan jiwa penderitanya. Tekanan darah tinggi yang tidak ditangani dengan penanganan yang tepat tersebut maka dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain yang lebih berat dan lebih berbahaya lagi seperti penyakit ginjal, serangan jantung, dan juga stroke. Untuk mendeteksi tekanan darah pada tubuh, kita dapat diperiksa oleh sebuah alat bernama tensimeter. Biasanya pembacaan tekanan darah yang normal berada pada kisara 115 mm Hg/75 mm Hg dan jika terindikasi melebihi batas tekanan darah normal apalagi jauh melebihi batas ambang normal tersebut maka bisa jadi kita telah terindikasi penyakit darah tinggi. Langkah antisipasi dan penanganan yang tepat wajib kita lakukan jika telah terindikasi penyakit berbahaya satu ini dengan cara menjalankan secara sungguh-sungguh pantangan darah tinggi, baik itu dari makanan ataupun jenis kegiatan tertentu yang tidak boleh dijalani dimana efeknya akan dapat berpengaruh buruk terhadap kondisi tekanan darah tinggi pada tubuh itu sendiri ketika pantangan tersebut kita langgar.

Gejala bahwa kita telah terserang penyakit darah tinggi memang sulit untuk dirasakan dan dideteksi. Maka tidak mengherankan apabila banyak yang baru mengetahuinya ketika kondisi penyakit darah tingginya terlanjur berkembang parah. Namun ada beberapa gejala yang dapat kita lihat dan jadikan pegangan untuk dapat mengantisipasi secara dini penyakit berbahaya tersebut yaitu seperti bahu yang terasa berat, rasa sakit yang hebat di kepala, mudah terpancing emosi, ataupun kurang bersemangat. Jika gejala-gejala tersebut kita rasakan, maka sebaiknya kita cepat mengantisipasinya dengan memeriksakannya pada petugas medis supaya jika memang penyakit darah tinggi itu terindikasi pada tubuh kita dapat lebih cepat tertangani dengan baik.

Selama tubuh masih terindikasi tekanan darah tinggi maka terdapat pantangan darah tinggi dari makanan dan kegiatan yang wajib dihindari supaya tekanan darah tinggi kita tidak berkembang semakin parah. Beberapa makanan serta kegiatan yang harus dihindari bagi para penderita penyakit darah tinggi tersebut ialah :

Makanan Pantangan Penderita Darah Tinggi

  1. Makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi seperti pada daging domba dan daging sapi. Makanan yang diolah dengan digoreng juga wajib dihindari karena minyak sawit yang digunakan mengandung lemak trans yang tidak baik apabila dikonsumsi penderita hipertensi.
  2. Makanan cepat saji seperti makanan kaleng karena pada umumnya jenis makanan ini banyak mengandung kandungan garam yang tidak baik untuk penderita tekanan darah tinggi.
  3. Makanan manis yang banyak mengandung gula berlebih tidak baik dikonsumsi penderita hipertensi karena akan memicu peningkatan tekanan darah dalam tubuh.

Kegiatan Pantangan Penderita Darah Tinggi

  1. Menyelam sangat beresiko jika dilakukan penderita penyakit darah tinggi karena cenderung dapat membangkitkan perasaan spontan yang semestinya dihindari penderita hipertensi.
  2. Olahraga angkat beban tidak baik untuk pengidap hipertensi karena dapat meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang singkat.
  3. Terjun payung dilarang dilakukan orang dengan riwayat tekanan darah tinggi karena resiko penyakit hipertensinya akan semakin besar dan lebih parah.

Leave a Reply