Oleh – oleh khas Bengkulu

0
2269
kain tenun songket
kain tenun songket

Di Indonesia memiliki banyak daerah yang memiliki oleh –oleh khas suatu daerah tersebut. Tidak terkecuali provinsi Bengkulu yang merupakan sebuah propinsi yang berada di pulau Sumatra. Seperti halnya daerah yang lain Bengkulu ini mempunyai ciri khas yang begitu terkenal diantaranya lempuk, kue tart, siput, marning, manisan terong dan manisan buah-buahan serta berbagai macam kerajinan tangan. Kerajinan tanga tersebut diantaranya seperti gantungan kunci, dompet, topi, kain tenun songket dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis oleh-oleh yang paling laris yaitu lempuk Bengkulu yang memiliki rasa banyak pilihan. lempuk Bengkulu ini banyak yang mencari oleh para pengunjung dikarnakan makanan ini sangat enak dan lezat. Selain lempuk juga berbagai souvenir bisa menjadi pilihan bagi oleh-oleh dengan berbagai pilihan dan bentuk sesuai dengan kebutuhan anda sendiri.

kain tenun songket

Berbagai kerajinan tangan  bisa anda menjadi pilihan selanjutnya selain souvenir juga yaitu kain songket Bengkulu. Kain ini bisa anda pilih sebagai oleh-oleh ketika anda akan berkunjung ke daerah provinsi Bengkulu. Kain Bengkulu mempunyai motif yang khas di bandingkan dengan kain tenun dari daerah yang lainnya. selain daerah Bengkulu yang membuat kain tenun tersebut daerah yang lain juga membuat seperti daerah aceh, Sumatra barat, Sumatra utara, jambi, Sumatra selatan, lampung, banten, jawa barat, jawa tengah, bali, NTB, NTT, Kalimantan timur, Kalimantan barat, Maluku utara dan Sulawesi selatan. Kain tenun tersebut dijual secara online salah satunya yaitu website kain songket.com. dalam kain tenun Bengkulu ternyata ada beragam rias da ada 2 macam yaitu tenun kain serawai dan kain tenun rejang. kain tenun tersebut memiliki ragam hias pada tenun tersebut diantaranya : saluang mudik, kandung lawaiyan, unak sebuku, muarak timput, mata punai berantai, kain cutar, kain ragi itam, gindo suli, kain curak,kaping batang pinang, unak sebuku 2, ular lidi, kain baruak, mata punai kandung, lengkenai naik,dan lain sebagainya. Ini menandakan bahwa Bengkulu mempunyai banyak pilihan khususnya kain tenun tersebut.

Berbagai ciri khas Bengkulu mempunyai harga yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga tidak salah anda bisa membeli barang atau makanan khas Bengkulu tersebut. Di daerah provinsi Bengkulu lebih tepatnya di pusat kota Bengkulu terdapat kumpulan toko yang menyediakan berbagai macam oleh – oleh khas Bengkulu dan alamat tersebut berada di jalan soekarno-hatta, anggut atas.