Menu MPASI 6 Bulan yang Bergizi

0
618
Menu MPASI 6 Bulan yang Bergizi

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, bertambah pula kebutuhan nutrisinya. Bayi yang semula hanya mendapatkan makanan dari air susu ibu mulai membutuhkan makanan lain yang mencukupi kebutuhan energinya.

Bayi membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) setelah berusia enam bulan. Pada usia tersebut, usus bayi sudah mampu mencerna makanan.

Menu MPASI 6 Bulan yang Bergizi

Menu MPASI 6 bulan harus terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan mineral. Di bawah ini ada beberapa makanan pendamping ASI yang direkomendasikan untuk bayi berusia di atas enam bulan.

  • Bubur Susu

Bubur susu adalah menu makan bayi 6 bulan yang paling mendasar. Hampir semur ibu pasti mengenalkan bubur susu sebagai makanan pendamping ASI yang pertama kali diberikan pada bayi. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur susu adalah dua sendok makan tepung beras dan ASI secukupnya. Cara pembuatan bubur susu sangatlah mudah. Tepung beras yang sudah disiapkan dicampur dengan air kemudian tuang ke dalam mangkuk. Tambahkan ASI dan aduk bersama tepung besar sampai tercampur rata.

  • Puree Kacang Hijau

Kacang hijau adalah bahan makanan yang banyak digunakan untuk menu MPASI 6 bulan. Kacang hijau mengandung protein nabati, vitamin, dan serat yang tinggi. Kacang hijau membantu melancarkan sistem pencernaan bayi. Puree kacang hijau bisa dibuat dengan bahan-bahan berupa kacang hijau sebanyak dua sendok makan dan ASI. Cara pembuatan puree kacang hijau dimulai dengan merebus kacang hijau sampai matang dan empuk. Kacang hijau tersebut disaring hingga tersisa buburnya saja. Kemudian, bubur kacang hijau tersebut dicampur dengan ASI.

  • Bubur Beras Merah

Dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang lebih tinggi. Beras merah disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi sebagai makanan pendamping ASI. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur beras merah yaitu dua sendok makan beras merah dan ASI. Beras merah tersebut dimasak bersama air sampai menjadi bubur. Kemudian, campurkan ASI secukupnya.

  • Puree Pisang Pepaya

MPASI bisa terbuat dari buah. Buah mengandung vitamin dan serat tinggi. Buah membuat tubuh bayi menjadi lebih segar dan sistem pencernaan menjadi semakin lancar. Buah yang bisa dijadikan bahan untuk MPASI adalah pisang dan pepaya. Pisang dan pepaya dipotong-potong kemudian dilumatkan sampai halus. Kemudian, tambahkan ASI.

  • Puree Kentang

Kentang merupakan sayuran untuk menu MPASI 6 bulan dengan karbohidrat yang tinggi. Untuk mengolah kentang menjadi puree kentang maka rebus kentang sampai matang dan haluskan. Kemudian, campur kentang yang sudah halus dengan ASI.

Ada beragam variasi MPASI yang bisa dipelajari melalui Wyeth Parenting. Program ini adalah tempat untuk berbagi ilmu sekaligus berkonsultasi seputar anak.