Menu Makanan Rendah Kalori Untuk Sarapan

0
140
Menu Makanan Rendah Kalori Untuk Sarapan
Menu Makanan Rendah Kalori Untuk Sarapan

Andri – Makanan yang sehat dan bergizi tinggi sangat penting bagi tubuh untuk proses perkembangan dan sebagai sumber energi dalam menjalankan aktivitas. Gizi-gizi yang diperlukan tubuhpun sangat banyak mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat, dan kalori. Untuk kalori dalam asupannya ke dalam tubuh anda maka harus seimbang. Karena jika berlebih maka akan berdampak pada tubuh anda yang semakin bertambah berat karena asupan kalori yang dikonsumsi tidak terolah menjadi energi.

Asupan kalori yang seimbang dapt dimulai ketika anda melakukan sarapan pagi. Memperhatikan dalam makanan yang mengandung nilai gizi berimbang akan membantu tubuh anda menghasilkan energi yang baik untuk tubuh. Jangan sampai ketika sarapan terlalu banyak mengandung karbohidrat tetapi dalam kandungan gizi yang lainnya sangat kurang. Hal ini akan berdampak pada tubuh yang kurang baik dalam memproduksi energi, sehingga anda mudah lapar kembali ketika beraktivitas atau mudah ngantuk. Untuk itu diperlukan menu makanan rendah kalori untuk sarapan anda yang sehat. Dan berikut ini diantara menu makanan rendah kalori yang dapat anda jadikan menu sarapan anda:

Menu Makanan Rendah Kalori Untuk Sarapan
Menu Makanan Rendah Kalori Untuk Sarapan

1. Roti gandum. Roti gandum sangat baik untuk anda jadikan sebagai sarapan pagi anda. Kandungan nutrisinya yang lengkap, seperti karbohidrat kompleks, protein, vitamin dan serat sangat bermanfaat dalam menjaga rasa kenyang anda sampai jam makan siang anda. Untuk lebih mendapatkan nutrisi yang maksimal anda dapat menambahkan telur rebus, atau sayuran seperti selada dan tomat.

2. Telur. Menu olahan telur sebagai sarapan pagi sangat cocok untuk anda terapkan dalam diet anda. Olahannyapun dapat beragam mulai dari omelet, telur mata sapi, atau yang mudah dan praktis telur rebus. Dalam telur terkandung protein yang tinggi dan nutrisi yang lainnya, yang tentunya bermanfaat sebagai sumber energi anda.

 

3. Smoothies. Bagi anda yang sibuk dalam beraktivitas saat pagi hari dan cukup sulit untuk membuat menu sarapan pagi, maka anda dapat mencoba membuat smoothies. Cara membuatnya yang mudah dan tidak memerlukan waktu yang banyak sangat cocok untuk anda yang super sibuk. Untuk membuatnya anda dapat mencampurkan satu cangkir susu skim dengan satu buah pisang. Campuran dua bahan ini bermanfaat dalam memenuhi asupan karbohidrat, vitamin B6, dan potasium harian anda. Begitupun asupan kalsium yang anda butuhkan sudah terkandung dalam pisang.

4. Oatmeal. Oatmeal terbuat dari biji gandum yang utuh, sehingga dapat membantu dalam pelepasan energi yang dilakukannya secara perlahan, hal ini tentunya berdampak pada  perut anda kenyang lebih lama. Karena dalam kandungannya mengandung 150 kalori yang mampu memenuhi sekitar 15 % kebutuhan serat tubuh, dan zat besi sebesar 10%. Untuk sarapan oatmeal anda cukup mengkonsumsinya satu mangkuk sehari. Dan jika anda mau anda dapat menambahkan berbagai buah-buahan yang  rendah kalori seperti alpukat dan strawberry.

Leave a Reply