Menanamkan Pendidikan Karakter dengan Islamic Boarding School

0
71
Islamic Boarding School
Islamic Boarding School

Sebagai generasi penerus bangsa, Kita bukan hanya dituntut menjadi pribadi cerdas dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga harus dapat memiliki kepribadian yang sesui dengan nilai – nilai yang ada di masyarakat, khususnya nilai – nilai agama. Bukan karena sebagai tuntutan, tetapi hal tersebut juga untuk bekal diri Kita menghadapi perkembangan zaman dengan segala macam permasalahan yang ada. Selain dengan materi, pendidikan karakter juga bisa Kita dapatkan di Islamic Boarding School.

Siapa bilang mengenyam pendidikan dengan sistem Islamic Boarding School itu seperti terkekang? Justru dengan sekolah dengan sistem ini Kita bisa menemukan banyak hal. Salah satunya ya dengan menerapkan dan menanamkan pendidikan karakter. Sebab di asrama, Kita akan tinggal dengan banyak teman dari berbagai latar belakang dan kepribadian yang berbeda – beda. Di sinilah pendidikan kepribadian bukan hanya diajarkan, tetapi juga dipraktikan dalam kehidupan sehari – hari.

Islamic Boarding School
Islamic Boarding School

Di SMA Dwiwarna, Kita bisa mendapatkan semua itu. Visi dan misi sekolah yang bertempat di Bogor ini, jelas Kita akan dididik menjadi pribadi yang bukan hanya cerdas, tetapi juga berakhlak mulia dan memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi. Pelajaran – pelajaran sekolah yang diajarkan pun berupa pelajaran umum yang dipadukan dengan pendidikan agama Islam. Dengan begitu, Kita akan memiliki karakter yang sesuai dengan agama dan nilai – nilai norma di masyarakat tanpa harus mengesampingkan bakatmu.

Di sekolah ini, Kita bisa menerapkan dan menanamkan pendidikan karakter dengan belajar mandiri, karena Kita tinggal di asrama yang semua kegiatan dan aktivitas yang Kita lakukan menjadi tanggung jawabmu. Dan dari situ Kita juga belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan juga orang lain. Nilai – nilai ini sangat penting untuk bekal Kita di masa yang akan mendatang.

Bukan hanya belajar mandiri dan bertanggung jawab, dengan belajar di SMA Dwiwarna Islamic Boarding School, Kita juga akan belajar nilai –nilai pendidikan karakter dalam bersosial. Bagaimana Kita berinteraksi dengan teman –teman sekamarmu atau orang lain, belajar berbagi, menghormati pendapat orang lain, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itulah, memilih bersekolah dan tinggal di asrama tidak akan merugikan dan tidak akan mengekang Kita.