Makna Filosofis Di Balik Gurihnya Nasi Kuning

0
184

Nasi kuning adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang sering kita jumpai dalam perayaan-perayaan atau syukuran masyarakat misalnya untuk ulang tahun, peresmian bangunan, dan sebagainya. Nasi yang berwarna kuning dari kunyit ini umumnya dibentuk tumpeng atau kerucut sebagai gunungan yang disekelilingnya dipenuhi oleh berbagai macam lauk dan juga hiasan yang dibuat dari macam-macam sayuran serta tanaman seperti daun pisang. Nasi yang memiliki citarasa gurih ini ternyata punya makna tersendiri yang membuatnya jadi sajian umum dalam perayaan masyarakat Indonesia termasuk juga lauk pauk yang kerap menemani nasi kuning.

Bentuk nasi kuning yang mengerucut

Nasi kuning yang disajikan dalam bentuk tumpeng atau kerucut ini sudah dilakukan oleh masyarakat terutama penduduk Jawa sejak jaman dahulu. Bentuknya menyerupai gunung yang merupakan simbol dari alam raya dan ujungnya yang meruncing ke atas melambangkan panjatan doa-doa kepada Tuhan sebagai bentuk syukur, persembahan, dan juga penyembahan. Sedangkan untuk warna nasi kuning, dikaitkan dengan warna yang melambangkan emas, kemakmuran, dan juga rezeki yang melimpah. Karena itu nasi kuning kerap jadi sajian simbolis pada acara-acara syukuran masyarakat Indonesia dengan harapan rezeki yang melimpah akan terus didapatkan melalui doa-doa rasa syukur yang dipanjatkan.

Makna lauk pauk pada nasi kuning

Semua lauk pauk yang biasa disajikan bersama dengan nasi kuning adalah hasil dari pertanian masyarakat Indonesia terutama di Jawa. Hal ini menyimbolkan mata pencaharian masyarakat Jawa sudah sejak dulu bercocok tanam dan bertani termasuk di wilayah pegunungan yang disimbolkan dengan nasi tumpeng. Makna dari lauk yang umum menemani nasi kuning adalah sebagai berikut:

  1. Simbol dari penyembahan terhadap Tuhan dengan khusyuk dan juga hati yang tenang. penyembelihan ayam juga dimaknai untuk menghindari sifat-sifat buruk yang ada pada ayam terutama ayam jago.
  2. Hidangan laut. Untuk mewakili elemen air sebagai penyeimbang alam, secara tradisional yang disajikan adalah ikan lele, ikan bandeng, dan/atau ikan teri, tapi nasi kuning modern sekarang lebih sering menggunakan udang.
  3. Telur yang disajikan dalam kondisi utuh belum dikupas memiliki arti tindakan dalam kehidupan harus dikupas dulu atau direncanakan dengan baik.
  4. Urap sayur. Urap punya arti urip atau hidup untuk menafkahi keluarga, sedangkan sayur yang dipilih melambangkan nilai-nilai filosofi kehidupan manusia yang tentram, sejuk, dan sejahtera,

Jika anda ingin melengkapi acara formal anda dengan menu nasi kuning. Anda bisa memesan nasi kotak special dapursolo dengan berbagai pilihan bentuk nasi kuning. Saat ini dapursolo melayani delivery untuk area Jakarta dan sekitarnya, silahkan datang langsung ke restoran dapursolo terdekat atau kunjungi website resmi dapusolo.

Leave a Reply