Memilih dengan Tepat Mainan Anak 1 Tahun Untuk Membantu Tumbuh Kembangnya

0
41
Mainan Anak 1 Tahun Untuk Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Mainan Anak 1 Tahun  Untuk Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Bermain merupakan sebuah kegiatan yang sangat lumrah dilakukan anak-anak. Tak terkecuali ketika ia memasuki usia 1 tahun. Perkembangan anak usia 1 tahun bahkan dapat terbantu optimal dari kegiatan bermainnya. Namun tentu untuk bisa membantu tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun mental di usia 1 tahun tersebut, ibu perlu memilihkan mainan untuk anak 1 tahun secara tepat, yang sesuai. Setiap tahapan usia anak terdapat beberapa hal pembelajaran yang tentunya berbeda. Oleh sebab itu, ketika si kecil memasuki usia 1 tahun, penting untuk diperhatikan pilihan mainan yang tepat. Sebelum melangkah lebih jauh kepada permainan-permainan yang cocok untuk diberikan kepada si kecil, terlebih dahulu kita pahami mengenai kemampuan yang umum sudah terdapat pada anak usia 1 tahun.

Si kecil pada usia 1 tahun umumnya sudah dapat mengerti apa yang diucapkannya. Kosataka yang dikuasai sudah cukup banyak, sekitar 20 kosakata. Perkembangan anak usia 1 tahun juga umumnya ditunjukkan dengan kemampuannya untuk berekspresi sebagai bentuk respon interaksi dengan orang lain. Lalu juga di masa ini rasa keingintahuan si kecil sangat tinggi, jadi kemungkinan ia juga kerap untuk selalu berpindah-pindah mainan yang sedang ia mainkan. Anak juga kerap kali meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Kemampuan si kecil untuk mengantisipasi apa yang orang lain lakukan pun sudah berkembang dengan baik di usia ini. Seperti saat dipakaikan baju, ia akan mengulurkan tangannya supaya dipakaikan baju.

Nah, lalu apa permainan yang sesuai untuk si kecil agar dapat mendukung dalam proses tumbuh kembang anak usia 1 tahun ? Berikut ini macam permainan yang dapat dipilih :

1.Mobil-mobilan dan sejenisnya. Jenis permainan seperti ini dapat membantu perkembangan fisik anak. Rasa keingintahuan anak bakal juga tereksplor lantaran dari bermain mobil-mobilan, si kecil dapat merasakan petualangan berkeliling rumah dengan mainan itu.
2.Rumah-rumahan yang bisa dimasuki oleh anak. Ini juga dapat membantu perkembangan fisik si kecil di usia 1 tahun, dimana anak akan merangkak, berjalan dan juga berdiri untuk dapat melakukan permainan ini.
3.Mainan bertema binatang, permainan yang dapat dimainkan dengan santai, sambil duduk ini dapat membuat si kecil semakin menguasai kosakata lebih banyak dan mengenal hewan. Ibu bisa membantu untuk memperkenalkan si kecil tentang nama hewan dari mainan hewan yang dipunyai tersebut.
4.Mainan yang dapat membantu tumbuh kembang anak 1 tahun dalam mengenal huruf, angka, warna ataupun bentuk. Contohnya adalah magnet kulkas dengan bentuk huruf dan angka. Ataupun balok dengan aneka bentuk dan warna. Mainan yang seperti ini akan melatih si kecil untuk memakai memorinya guna mengingat berbagai hal.

Pada usia 1 tahun ini, ibu dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan memberikan susu pertumbuhan Wyeth S-26 Procal Gold yang diperuntukkan bagi si kecil pada rentang usia 1-3 tahun.

Leave a Reply