Langkah-langkah cara memandikan bayi dengan tepat

0
30
cara memandikan bayi
cara memandikan bayi

Memandikan bayi memang sudah menjadi rutinitas untuk setiap harinya bagi ibu yang mempunyai bayi. Akan tetapi pada ibu yang baru saja mempunyai bayi pertama tentunya akan berhati – hati dalam memandikan bayinya. Hal ini dilakukan mengingat apabila cara memandikan bayi tersebut salah akan mengakibatkan kejadian yang fatal bagi bayi tersebut. beberapa langkah tepat dalam memandikan bayi antara lain :

  1. Siapkan keperluan mandi bayi seperti bak mandi, handuk, pakaian bersih, sabun mandi, dan lain sebagainya. Disarankan untuk menggunakan sabun zwitsal. Produk sabun mandi untuk bayi zwitsal sangat cocok digunakan untuk bayi.
  2. Pastikan air yang akan digunakan untuk memandikan bayi tidak terlalu panas. Sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu suhu ait tersebut dengan cara mencelupkan tangan anda ke dalam air. Apabila air tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin, maka air tersebut sudah aman untuk memandikan bayi.
  3. Sebaiknya tidak menggunakan air dingin ketika memandikan bayi. Hal tersebut dapat membuat kulit bayi menjadi kering.
  4. Batasi memandikan bayi dengan busa. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih sangat sensitif. Pilihlah sabun yang aman untuk bayi anda dengan kadar detergent rendah.
  5. Jangan memandikan bayi dengan memakai sabub anti bakteri atau antiseptik.
  6. Hindari memandikan bayi sesaat setelah bayi selesai makan.
  7. Lepas pakaian bayi dengan hati – hati, bungkus bayi dengan handuk lalu letakkan dipangkuan anda. Setelah itu usap mata bayi menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air. Bersihkan juga bagian sekitar wajah dan mulut bayi.
  8. Basuh bagian kepala, dada, leher lengan, punggung dan juga tungainya serta bagian lipatan – lipatan pada tuubuh bayi.
  9. Keramasi rambut bayi, pegang bagian kepala bayi di atas bak mandi. Setelah itu keringkan. Kemudian lepaskan handuk, letakkan satu tangan anda dibawag pundak bayi, sementara tangan yang lainnya di bagian pantat. Masukkan bayi ke dalam bak mandi dengan perlahan.
  10. Topang leher dan pudak bayi., sabuni dan setelah itu bilas dengan air. Pegang bagian pantat bayi dan angkat. Setelah itu bungkus bayi dengan handuk. Tepuk-tepuk dengan lembut agar badan bayi kering. Nah cukup mudah sekali cara memandikan bayi juka langkah-langkahnya tepat.

Leave a Reply