Kenali Karakteristik Materi di Jurusan Sistem Informasi IDS Digital College

0
139
jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Bagi Anda yang masih bingung tentang pengertian sistem informasi, merupakan suatu sistem yang dapat mengolah informasi secara luas dengan menggunakan komputer dan diaplikasikan dengan menggunakan teknologi terkait lainnya. Di jurusan sistem informasi IDS Digital College, Anda dapat mengetahui segala macam informasi yang didapat dari database maupun server host. Semua kumpulan data informasi tersebut nantinya akan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Maka dengan adanya sistem informasi, setiap arus data dan alur yang masuk akan lebih mudah untuk diprose. Hal tersebut akan membantu Anda dalam mengelola informasi secara cepat dan mempermudah distribusi data yang diperoleh dari server maupun database menuju user. Sehingga setiap user akan bisa mendapatkan jenis informasi yang diinginkannya secara efektif dan cepat. 

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Suatu sistem harus memiliki beberapa karakteristik agar bisa dikatakan sebagai sistem informasi. Pada perkuliahan sistem informasi, Anda akan mengenal karakteristik utama yang bisa menampilkan bahwa suatu sistem bisa dikatakan “sistem” apabila bisa memberikan arus informasi dari host menuju usernya. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari sistem informasi, yaitu :

1. Mempunyai Komponen

Komponen menjadi salah satu karakteristik utama yang harus dimiliki sebuah sistem informasi. dalam sistem interaksi komponen memegang peranan penting, karena komponen utama inilah yang akan membuat seluruh komponen utama saling berinteraksi.

Pada komponen juga memiliki subsitem yang berguna untuk membantu menjalankan setiap fungsi yang ada dalam suatu sistem informasi. Jadi bila ada subsistem pada sistem informasi ini tidak bekerja dengan optimal maka bisa dipastikan bahwa implementasi dari sistem informasi tersebut juga tidak bisa berjalan dengan optimal. Semua harus dilakukan secara imbang agar bisa memberikan hasil yang maksimal. 

2. Memiliki Interface

Selain komponen, sebuah sistem informasi juga harus memiliki interface. Prinsipnya sama seprti komponen, dimana suatu sistem bisa dikatakan baik dan dapat berjalan optimal jika interfacenya juga baik. Penggunaan interface bertujuan sebagai media untuk menghubungkan sub sistem yang ada pada sebuah sistem informasi. 

Hal ini terkait dengan karakteristik yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada sistem informasi memilki subsistem dan beberapa komponen dalam proses terbentuknya keseluruhan sistem yang ada. Keseluruhan antara subsistem dan komponen tersebut yang disebut dengan istilah interface. Jadi sudah jelas bahwa semua sistem informasi pasti membutuhkan yang namanya interface, tanpa adanya interface maka sistem tersebut tidak dapat berjalan dengan optimal dan sempurna.

4. Memiliki Pengolah Sistem

Karakteristik selanjutnya adalah memiliki pengolah sistem. Proses pengolahan data ini menjadi suatu bagian komponen yang ada pada sistem informasi yang bertugas untuk memproses input dari sebuah sistem informasi sehingga diolah menjadi output dari sebuah sistem informasi.

Untuk lebih jelasnya lagi, pengolah sistem ini dapat membantu dalam proses proses pengolahan data informasi secara menyeluruh yang ada pada sistem informasi. Kemudian data informasi tersebut akan ditransmisi menjadi sebuah output dari sistem. Output inilah yang bisa diakses oleh setiap user. 

Itulah beberapa karakteristik jurusan sistem informasi yang akan kalian dapatkan di IDS Digital College dengan proses pembelajaran dan monitoring online langsung dengan Professor dari PSG College of Technology, India.