Inilah Manfaat Menggunakan Komputasi Berbasis Cloud

Inilah Manfaat Menggunakan Komputasi Berbasis Cloud

Mungkin banyak diantara anda yang masih awam dengan istilah cloud computing, mengingat meskipun di era digital seperti ini sudah banyak yang menerapkan hal tersebut, namun masih terbatas pada perusahaan-perusahaan besar saja dan belum mencangkup sistem kecil. Penerapan komputasi berbasis cloud tersebut digunakan karena memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan yang lainnya.

Komputasi awan sendiri merupakan komputasi atau gabungan antara pemanfaatan komputer dalam jaringan yang berbasis internet sehingga dapat menjalankan program-program melalui komputer lainnya yang terkoneksi dalam waktu yang sama, hal tersebut ternyata memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah :

  • Data tersimpan secara terpusat, hal ini tentunya akan sangat memudahkan anda, mengingat tak perlu lagi merasa repot dengan menyediakan berbagai macam infrastruktur penunjang untuk penyimpanan.
  • Lebih aman, keamanan data menjadi lebih terjamin karena sudah disimpan melalui server penyedia layanan tersebut.
  • Fleksibilitas tinggi, bagi anda yang butuh untuk mengakses data tersebut bisa dengan mudah dilakukan karena penyimpanan sendiri sudah berbasis internet.
  • Sebagai investasi, dengan sistem tersebut dapat menghemat biaya anda tanpa membeli berbagai macam perangkat penyimpanan lainnya dengan kapasitas yang terbatas.

Ternyata cukup banyak manfaat dari cloud computing sendiri, tak heran jika banyak perusahaan-perusahaan yang kemudian menerapkan hal tersebut dalam sistem penyimpanan mereka, karena selain dapat menghemat biaya juga masih memiliki berbagai macam keunggulan lainnya.

Leave a Reply