Inilah Kecerdasan Majemuk Pada Diri Manusia

0
846
kecerdasan majemuk

Penting bagi seseorang untuk mengetahui macam-macam kecerdasan manusia. Fungsinya adalah untuk menemukan jati dirinya sekaligus mengoptimalkan tiap sudut kelebihannya. Kalau anda hanya memahami kecerdasan IQ saja, maka bagaimana bisa menyelesaikan problema kehidupan? Padahal, hidup ini penuh dengan relasi, baik dengan manusia maupun dengan makhluk hidup lainnya. Inilah 5 jenis kecerdasan majemuk yang perlu anda ketahui.

Kecerdasan Logika Matematika

            Kecerdasan yang satu ini paling diunggulkan oleh masyarakat melebihi jenis lainnya. Kecerdasan logika selalu berhubungan dengan angka, baik itu menaksir, melakukan analogi antar angka, berhitung, menyelesaikan soal matematis, dan berpikir logis. Kecerdasan matematika juga termasuk keterampilan dalam membaca penanggalan dan menyelesaikan pola aritmatika.

Kecerdasan Kinetik

            Kecerdasan kinetik adalah kemampuan seseorang dalam menguasai gerakannya menjadi sebuah karya. Bagian dari ragam intelegensi ini akan membuat seseorang mengetahui apakah sikap tubuhnya telah baik. Beberapa profesi yang memerlukan kecerdasan ini adalah artis, atlet, dan penari. Mereka punya cara untuk melenturkan tubuh, membuat gerakan menjadi lebih indah dan pas dipandang orang lain.

Kecerdasan Musik

            Jenis kecerdasan yang satu ini juga sangat mudah untuk dipahami. Seseorang yang punya kecerdasan musik akan memahani tangga nada dengan baik, alur suara, dan irama sehingga dirinya dapat memainkan alat musik dengan baik. Kepekaan pemusik terhadap suara lebih dari orang lainnya. Itulah mengapa orang buta banyak yang punya kelebihan di bidang musik ini.

Kecerdasan Bahasa

            Para sastrawan adalah orang-orang yang punya kecerdasan majemuk di bidang ini. Mereka dapat merangkai kata menjadi sebuah syair indah atau alur cerita menarik. Tidak semua orang punya kelebihan seperti ini. Kecerdasan bahasa juga terlihat dari tulisan skripsi seseorang dan gaya bicaranya. Bila orang tersebut dapat berbicara dengan tutur kata yang teratur, bisa jadi dia memang punya kelebihan disana.

            Nah, setelah mengenal berbagai macam kecerdasan tersebut, anda pasti mulai berpikir tentang diri sendiri. Manakah yang menonjol dari diri anda? Dari intelektual majemuk, anda akan menemukan siapa diri anda dan apa kelebihan yang dapat dioptimalkan.