Ingin Mulai Berbisnis Tapi Minim Modal? Ikuti 8 Trik Ini!

0
191

Biaya hidup yang kini sudah semakin tinggi, apalagi di kota-kota besar, membuat banyak orang lebih giat bekerja. Bahkan, banyak orang yang kini tidak hanya mengandalkan satu pekerjaan saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Salah satunya adalah dengan berbisnis.

Memiliki bisnis sendiri sudah seperti menjadi goal baru dalam kehidupan seseorang. Banyak orang yang pada akhirnya keluar dari pekerjaannya karena bisnisnyayang telah berkembang pesat. Bisa kita lihat juga, sudah sangat banyak pengusaha-pengusaha sukses dengan perusahaan besarnya yang mengawali karir berbisnisnya dari bisnis kecil-kecilan. Tentunya, kerja keras dan tidak takut rugi adalah kedua sifat penting yang harus ditanamkan dalam diri Anda sebelum akhirnya Anda memulai bisnis Anda sendiri.

Sayangnya, banyak orang yang cenderung memiliki keraguan untuk terjun ke dunia bisnis. Memang tak dapat dipungkiri, mendirikan bisnis bukanlah perkara mudah. Selain harus memiliki ide kreatif tinggi, seseorang juga harus memiliki modal yang cukup. Nah, modal inilah yang kerapkali menjadi masalah utama dalam berbisnis. Banyak orang yang urung mendirikan bisnis karena terhalang masalah model. Sebab, memang secara logika, bisnis tanpa modal tak akan jalan. Entah modal itu besar ataupun kecil jumlahnya.

Cara Mendapatkan Modal Awal Dalam Berbisnis

Sedihnya lagi, sebagian besar bisnis awalan memang membutuhkan modal yang cukup besar. Hal itu tentunya sulit didapatkan dalam waktu singkat. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memulai terjun ke dunia bisnis tapi mengalami kekurangan modal, Anda bisa mencontek beberapa hal untuk mendapatkan modal awal untuk berbisnis, seperti berikut.

  1. Berjualan online dengan sistem dropship

Memulai bisnis sendiri dengan mengawalinya menjadi dropshiper, tentu akan sangat menguntungkan Anda. Apalagi jika Anda serius menjalaninya. Sistem ini akan memudahkanmu mendirikan usaha dengan modal 0 rupiah! Secara garis besar, dropship adalah model bisnis online, di mana Anda sebagai dropshiper hanya bermodalkan toko online untuk lapak Anda mempromosikan produk. Seorang dropshiper tidak memiliki stok barang. Anda hanya bekerja untuk mempromosikan produk milik orang lain. Cara ini terbukti bisa membuat Anda untung hingga 50% bahkan lebih dari setiap produk yang Anda jual. Karena, Anda sendirilah yang menetapkan harga pada setiap produk.

  1. Gunakan uang tabungan

Bagi Anda yang telah bekerja, jangan alokasikan semua gaji Anda hanya untuk berfoya-foya. Sisakanlah sekitar 30% dari gaji Anda untuk ditabung dalam rangka mengumpulkan modal bisnis. Saat waktunya tiba untuk Anda berbisnis, Anda akan terselamatkan dalam urusan modal, berkat uang tabungan tersebut. Anda bisa membongkar tabugan Anda yang sudah dikumpulkan selama ini untuk dijadikan modal bisnis.

  1. Menjual aset berharga yang dimiliki

Jika Anda memiliki aset berharga, misalnya kendaraan, rumah, atau emas, Anda bisa menjualnya sebagai modal awal berbisnis. Bisnis yang dirintis dan dijalankan dengan sungguh-sungguh tentu akan menguntungkan. Atau selain menjualnya, jika Anda memiliki properti berharga, Anda bisa jadikan sebagai modal awal berbisnis properti, misalnya diawali dengan berbisnis kontrakan.

  1. Cari modal melalui sponsor

Anda bisa juga mendapatkan modal untuk berbisnis dengan merangkul sponsor untuk mendapatkan modal usaha. Semakin banyak pemberi sponsor, maka semakin memudahkan Anda juga untuk mendapatkan passive income yang besar. Di era digital seperti sekarang ini bahkan sudah lebih mudah mencari sponsor untuk berbisnis. Sangat mungkin bagi Anda mencari modal usaha dengan cara sponsorship melalui website, yang bahasa kerennya adalah crowdfunding. Yang Anda butuhkan hanyalah kesipaan proposal, tujuan yang jelas, bisnis yang matang, laptop, dan koneksi internet. Pengunjung yang berminat menjadi sponsor akan mengirimkan uangnya melalui situs tersebut. Sistem semacam ini memang masih tergolong baru di Indonesia, namun sudah cukup lama dikenal di mancanegara. Sebagai gantinya, Anda bisa memberian reward sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan situs tersebut.

  1. Menjual ide bisnis cerdas

Jika Anda merasa menjadi orang yang cukup kreatif tanpa batas dan henti, Anda bisa membuat ide bisnis yang cemerlang dan kemudian jangan ragu untuk menjual ide bisnis Anda. Ide bisnis yang brilian akan dihargai bayaran yang tinggi. Tentu hal ini dapat memberikan potensi besar untuk Anda memperoleh passive income yang besar dan tiada henti. Ini adalah cara paling mudah untuk Anda mendapatkan modal jangka panjang.

  1. Ber-partner dengan teman

Agar bisa mendapatkan tambahan modal untuk berbisnis, Anda bisa menawarkan kerjasama bisnis kepada teman dekat Anda. Atau Anda bergabung dengan bisnis teman Anda. Tentunya, dengan cara ini modal yang sebelumnya harus Anda tanggung sendiri, menjadi lebih ringan karena dibagi dua dengan teman Anda. Nantinya, keuntungan yang didapatkan bisa dibagi bersama dengan rekan bisnis Anda. Keuntungan bisa diatur sesuai dengan kesepakatan bersama. Catatannya, Anda hanya boleh menawarkan kerjasama bisnis hanya dengan orng atau kerabat yang memiliki visi sama, memiliki keinginan kuat yang sama untuk berbisnis, memilik ilmu bisnis yang cukup, dan tentunya mudah diajak berkomunikasi.

  1. Jangan malu untuk pinjam uang dari kerabat

Salah satu kunci kesuksesan berbisnis adalah pantang malu dan menyerah. Jika sudah ada rasa malu dalam diri Anda, dapat dipastikan bisnis tidak akan berkembang, stagnan di situ-situ saja. Buang jauh-jauh rasa malu Anda untuk memulai bisnis dengan meminjam modal bisnis kepada orang-orang terdekat. Misalnya orangtua, saudara kandung, saudara yang lebih luas lagi, mertua, sepupu, dan lain sebagainya. Pinjaman modal yang diberikan dari kerabat terdekat biasanya cukup menguntungkan, karena bisa jadi tanpa terbebankan oleh bunga.

  1. Melakukan pinjaman Kredit Tanpa Agungan

Ingin dapat modal usaha yang cepat? Selain crowdfunding,di era digital seperti sekarang ini juga sudah sangat populer Kredit Tanpa Agunan (KTA). KTA bahkan sudah hampir menjadi kebutuhan hampir seluruh lapisan masyarakat, baik itu pengusaha ibu rumah tangga, hingga mahasiswa. Jika Anda ingin berbisnis cepat, KTA adalah solusi tepat. Sebab, pinjaman ini bersifat cepat dan sesuai dengan namanya, tanpa jaminan sama sekali. Biasanya Anda hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan yang cukup mudah dipenuhi. Salah satu situs pinjaman tanpa agunan adalah Monily. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan, yaitu merupakan Warga Negara Indonesia, minimal berusia 22 tahun, dan memberikan kontak saudara yang tidak serumah. Selain itu, bisa juga mengunjungi situs Lonify Kredit Tanpa Agunan(KTA). Syarat pengajuannya hanya Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan identitas kependudukan atau KTP, berusia minimal 21 tahun dan batas maksimal usia 55 tahun, dan terakhir memilii pekerjaan tetap dan penghasilan bulanan tetap. Jika ketiga persyaratan tersebut sudah dapat dipenuhi Anda yang ingin membangun bisnis, maka Anda tinggal kunjungi saja masing-masing situsnya. Selain itu, pinjaman dengan cara ini sangat memudahkan Anda, karena bisa memilih nilai pinjaman dna masa waktu pembayaran sesuai dengan kemampuan Anda sendiri.