Fungsi Dan Manfaat Sumur Resapan

0
11
sumur resapan

Minimnya lahan yang bisa dijadikan daerah resapan air membuat kita perlu membangun sumur resapan atau yang di sebut biopori untuk menyiasati dan mengendalikan permasalahan ini. Sebab, bila dibiarkan secara terus menerus, bukan tidak mungkin terjadi banjir dan bencana alam lainnya akibat daya resap tanah yang kurang memadai. Oleh karena itu, pembangunan sumur tersebut sangat disarankan untuk menampung air hujan kemudian meresapkannya ke dalam tanah. Hal inilah yang membuat pemerintah menyarankan setiap masyarakat ikut berperan untuk melaksanakannya.

Biopori atau lubang vertical dalam tanah juga dapat memperluas bidang permukaan daerah resapan air yang sama luasnya dengan dinding lubang tersebut. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bila semua masyarakat menyadari dan ikut serta membangun sumur untuk lahan resapan air ini, yaitu:

1. Mencegah genangan air yang berlebihan dan banjir.
2. Mengurangi erosi tanah.
3. Meminimalisir pencemaran air tanah.

Lokasi-lokasi yang menjadi sasaran utama pembangunannya hampir di setiap tempat, mulai dari daerah pemukiman, perkantoran hingga lokasi industry. Dengan adanya bantuan sumur yang mampu meresap air dengan baik, maka keseimbangan kehidupan pasti akan terasa sejak hari ini hingga kemudian hari. Dan bila dilakukan secara terus menerus oleh anak cucu kita, pasti lingkungan hidup menjadi lebih baik. Itulah beberapa fungsi dan manfaat sumur resapan yang harus diketahui semua orang agar tercipta kesadaran untuk lebih peduli dami mewujudkan ekosistem lingkungan yang seimbang.

Leave a Reply