Ciri-ciri atau Gejala Radang Tenggorokan

0
85

Faringitis atau yang lebih sering disebut dengan istilah radang tenggorokan merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada bagian tenggorokan (faring) hingga menjadi radang. Sekitar hampir 80% radang pada bagian tenggorokan ini disebabkan oleh adanya infeksi virus, serangan infeksi dari virus ini dapat menyebabkan terjadinya demam sementara 20% sisanya dapat disebabkan karena bakteri, alergi maupun rokok.

Ciri ciri radang tenggorokan akibat ifeksi virus

Radang pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya memang menunjukkan gejala yang lebih ringan. Namun pengobatan menggunakan antibiotik tidak akan efektif untuk mengatasinya. Karena pada dasarnya pemberian antibiotik menimbulkan kekebalan kuman terhadap adanya antibiotik. Ciri-ciri yang muncul antara lain:

Timbulnya rasa gatal, pedih dan kering di dalam tenggorokan.
Bersin dan batuk yang menjadikan suara menjadi serak.
Biasanya tidak disertai dengan demam, namun beberapa kasus juga menunjukkan adanya sedikit demam serta rasa pegal-pegal pada persendian.

Ciri-ciri radang akibat serangan bakteri

Apabila infeksi radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptokokus maka anda sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius. Infeksi bakteri ini dapat menyerang bagian katup jantung dan menyebabkan terjadinya demam rhematik. Ciri-ciri yang ditimbulkan antara lain adalah:

Merasa sakit ketika menelan makanan.
Kelenjar leher mengalami pembengkakan.
Bagian tenggorokan menunjukkan warna merah cerah serta beberapa bercak putih.
Suhu badan mengalami peningkatan (demam) yang sering disertai rasa menggigil.

Leave a Reply