Cara Mengatasi Lapar Saat Tengah Malam

Waktu tengah malam memang waktu kita sering merasa lapar akibatnya kondisi badan lama-kelamaan akan cepat mengalami kegemukan, hal ini perlu dihindari agar anda tidak mengalami hal seperti itu kalau tidak tubuh anda akan mengakibatkan berbagai penyakit menyerang anda. Cara mengatasi lapar yang seperti itu haus dilakukan sedemikian rupa agar kondisi kesehatan anda tetap prima karena kebiasaan tersebut sangat tidak baik jika dilakukan secara terus-menerus.

Saat harus bekerja hingga larut sambil ditemani beberapa camilan akan terasa lengkap dan bekerja pun lebih semangat tapi bersiaplah dengan berat badan yang terus bertambah dan pakaian yang tak lagi cukup dikenakan. Kebiasaan ngemil dan makan saat tengah malam memang dianggap sebagai salah satu penyebab kenaikan berat badan. Sebab, di malam hari tubuh cenderung kurang aktif hingga metabolisme melambat. Tapi, jika rasa lapar tiba-tiba muncul,  cara mengatasi lapar tersebut dengan cara di bawah ini :

  1.        Pilih makanan tinggi serat

Dibanding memilih roti, kentang atau nasi putih, sayuran yang tinggi serat, seperti brokoli, bayam, dan kubis bisa jadi pilihan untuk membuat tubuh merasa kenyang. Anda bisa mengonsumsinya dengan memanggang atau menambahkannya dalam salad.

  1.        Buat rencana makan

Atur waktu makan Anda saat tubuh sedang aktif secara fisik dan mampu membakar kalori dengan baik, menyarankan untuk mengatur pola makan Anda dengan sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti pengemis.

  1.        Camilan sebelum makan malam

Memilih makanan ringan yang mengandung protein dan serat di sore hari akan membantu Anda mengekang rasa lapar di malam hari. Pilih makanan ringan seperti kerupuk gandum atau keju rendah lemak. Secangkir yogurt dengan cereal atau irisan apel juga bisa jadi pilihan.

  1.        Makan di meja makan

Makan di depan televisi atau di tempat lain yang penuh gangguan akan membuat Anda mengonsumsi makanan lebih banyak. Jadi, biasakan untuk duduk di meja makan dengan porsi yang cukup dan hindari camilan dalam wadah terbuka.

  1.        Minum

Sebelum meraih camilan saat larut malam, sebaiknya ambil segelas air putih atau teh herbal dan habiskan. Tunggu beberapa menit dan rasakan apakah Anda masih lapar. Sebab, rasa lapar terkadang hanya tanda bahwa Anda dehidrasi.

  1.        Tidur

Daripada keluar kamar dan mengambil beberapa camilan. Rapikan meja kerja Anda, matikan lampu dan tidur sepertinya jauh lebih baik. Ini bukan hanya menghindari ngemil di malam hari, tidur dengan waktu yang cukup juga akan mengurangi nafsu makan di siang hari.

Leave a Reply