Cara Memilih Lipstik Matte Bagi Pemula

0
146

Lipstik matte seakan jadi must have items untuk para wanita. Bukan hanya lebih tahan lama, lipstik matte dianggap lebih nyaman dipakai daripada jenis lainnya. Ada banyak merek kosmetik yang sudah mengeluarkan lipstik matte dengan kualitas baik, seperti Pixy, Make Over dan Maybelline. Dengan banyak macam produk lipstik matte, Anda bisa menjadi bingung memilih. Agar membantu Anda, pada artikel ini akan dibahas tips cara memilihnya dengan benar.

Setelah booming di tahun 1920, lipstik matte kembali dikenalkan oleh The Kardashians di tahun 2016 silam. Waktu itu, The Kardashians meluncurkan produk lipstik matte yang habis terjual dalam waktu sangat singkat. Sejak itu, mulailah banyak muncul lipstik matte dari berbagai merek makeup lain. Sebenarnya, apa sih yang menjadi pembeda lipstik matte dan jenis lainnya?

Dari formulanya, lipstik matte mempunyai sangat sedikit kandungan minyak yang memberi hasil tidak mengilap. Dikarenakan tidak memberi kilau, bibir Anda bisa tampak lebih padat saat memakai lipstik jenis ini. Kelebihan lipstik matte yakni hasil akhirnya yang tidak lengket. Biasanya, lipstik matte juga bersifat transferproof yang membuat tidak meninggalkan noda di gelas alat makan dan makanan.

Hanya saja, biasanya lipstik matte bisa membuat bibir jadi kering. Jadi, sebelum memakai lipstik matte, menyarankan Anda mengaplikasikan lip balm untuk memberi kelembapan ekstra untuk bibir. Di samping itu, lipstik tipe ini juga sulit dihapus dan membuat Anda memerlukan makeup remover untuk membersihkannya. Ada sejumlah poin penting yang wajib Anda perhatikan ketika memilih lipstik matte. Di bawah ini, akan dibahas satu per satu agar Anda dapat lebih mengerti.

Pilih Lipstik yang Memiliki Warna Pas dengan Undertone Kulit

Undertone kulit dibagi jadi tiga, yaitu warm, cool dan neutral. Walau Anda mempunyai warna kulit yang sama dengan teman Anda, belum pastinya undertonenya juga sama. Untuk Anda yang belum mengetahui undertone kulit, saat ini cobalah lihat warna nadi pada pergelangan tangan. Bila terlihat warna biru, itu berarti Anda mempunyai cool undertone, warna hijau untuk warm undertone, sedangkan ungu bagi neutral undertone.

Sesudah Anda mengetahui undertone kulit, baru Anda bisa memilih warna lipstik yang sesuai. Biasanya, cool undertone dipunyai oleh orang-orang dengan kulit putih, maka cari lipstik dengan warna cokelat, nude, pink dan merah. Neutral undertone dan warm mempunyai range warna kulit lebih luas. Pemilik warm undertone dengan kulit warna kuning langsat bisa memilih lipstik warna maroon, oranye bata, peach, dan mauve.

Tetapi bila Anda termasuk punya warna kulit gelap, lipstik warna keunguan, merah mudah dan pink sesuai untuk Anda. Namun pemilik neutral undertone merupakan yang paling beruntung dari semuanya. Mengapa? Sebab pemilik neutral undertone bisa memakai semua warna tersebut. Anda cukup mencocokkan dengan range warna kulit supaya dapat menemukan yang sesuai.

– Lipstik Matte Jenis Stick

Jenis lipstik ini sering dikenal juga dengan lipstik padat. Hal itu ditandai dengan bentuk yang berupa stick padat dan mengandung lebih sedikit minyak daripada jenis lain. Warnanya memang lebih pekat, namun tidak memiliki daya tahan selama lipstik liquid. Di samping itu, lipstik tipe ini dinilai untuk yang paling nyaman dpkaia karena tidak mengakibatkan bibir kering. Bahkan, produk ini bisa dipakai oleh berbagai usia. Anda juga dapat ketebalan warna yang diinginkan dengan mengatur banyaknya layer yang dipakai.

– Lipstik Matte Liquid

Lipstik liquid mempunyai pigmentasi yang lebih unggul daripada jenis lipstik lain. Oleh sebab itu, pemilik bibir gelap bisa menyukai tipe ini sebab sanggup memberi full coverage. Tetapi sebaiknya Anda menggunakan lip balm sebelum memakai lipstik liquid sebab formulanya cenderung membuat bibir jadi kering.

Walau begitu, bila Anda mencari lipstik matte yang tahan lama, tipe ini adalah jawabannya. Sekarang ini, Anda bahkan bisa menemukan lipstik liquid yang diklaim tahan sampai belasan jam. Dengan begitu, jenis ini merupakan yang paling sesuai untuk Anda pakai ketika menghadiri acara penting dengan durasi waktu yang panjang.

– Lipstik Matte Crayon

Lip crayon merupakan produk makeup bibir berbentuk crayon sehingga akan terasa familiar saat digenggam. Saat hendak menggunakan lip crayon, Anda hanya harus memegangnya dengan cara sama seperti memegang pensil atau pulpen. Tentu Anda tidak merasa kesulitan kan?

Dari segi warna dan tekstur, lip crayon mempunyai formula lebih ringan. Oleh karena itu, produk ini sesuai dipakai pelajar atau pemula yang tidak percaya diri memakai lipstik dengan warna intens. Bukan hanya itu, lip crayon dianggap menjadi makeup multiguna, sebab tidak hanya sebagai lipstik, Anda juga bisa memakainya sebagai eyeshadow dan blush on.