Cara Memanfaatkan Sampah Organik

0
885
sampah organik
sampah organik

Banyak cara memanfaatkan sampah tersebut. Sampah yang berasal dari makhluk hidup baik manusia, tumbuhan maupun hewan disebut sampah organik. Ada dua macam yaitu sampah basah dan sampah kering. Sampah yang basah adalah sampah yang kandungan airnya banyak ,yaitu sisa makanan, sayuran, kulit buah dll, sedangkan sampah yang kering adalah sampah yang kandungan airnya sedikit, yaitu dedaunan kering, kertas bekas, ranting pohon dll. Berikut beberapa contoh cara pemanfaatannya :

Sampah bisa juga dijadikan kompos, yaitu dengan sampah yang mengandung nitrogen dan karbon. Sampah yang mengandung kedua unsur tersebut adalah lumpur cair, sampah hijau, kotoran hewan dan lain – lain. Proses pengomposan yaitu meliputi : pemilihan sampah, pemotongan sampah hingga ukurannya menjadi kecil – kecil, penyusunan tumpukan, pengadukan/pembalikan, penyiraman dan proses penyimpanan. Selain dijadikan kompos ada juga cara lain yang bisa dihasilkan dari daur ulang sampah, yaitu dijadikan sebagai pupuk. Sampah yang bisa dijadikan sebagai pupuk yaitu sampah yang berupa daun – daunan, cara membuatnya sederhana, yaitu buat lubang untuk menimbun sampah daun, kemudian timbunlah samaph tersebut kedalam lubang yang telah tersedia dan biarkan beberapa bulan hingga sampah daun –daun tersebut terurai dan terdekomposisi. Selanjutnya manfaat dari sampah berikutnya yaitu, sampah dijadikan pakan ternak, yaitu dengan cara mencampur sampah – sampah yang organik ( sisa makanan, sisa sayuran,ikan, limbah organik rumah tangga ) dengan dedak. Kemudian lakukan fermentasi dengan mikroba nitrogen phosphate recovery concentred feed product development organism ( NOPCO ). Fermentasi dilakukan selama 5 hari maka akan dihasilkan pelet untuk makan ternak. Sampah ini dijadikan kerajinan tangan, jika kita memanfaatkan limbah organik menjadi kerajinan tangan maka ini bisa dijadikan pelang usaha yang menjanjikan, bahkan jika dilakukan secara serius maka bisa dijadikan mata pecaharian, khususnya bagi ibu – ibu rumah tangga.

Demikian sedikit uraian mengenai beberapa cara memanfaatkan sampah organik untuk menjadi produk yang lebih bermanfaat dan mempunyai nilai jual sehingga dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan atau bisa juga dijadikan mata pecaharian khususnya bagi ibu rumah tangga.