Cara Belajar Membaca Sambil Bermain

0
171
Cara Belajar Membaca
Cara Belajar Membaca

Membaca adalah hal yang menyenangkan. Bila sudah bisa membaca, maka hal itu memang menyenangkan sekali. Banyak hal bisa dibaca. Banyak hal bisa menjadi hiburan ataupun sumber informasi. Walau demikian, mengajarkan cara membaca tidaklah semudah dan semenyenangkan membaca. Terkadang, membantu anak untuk membaca bisa menjadi hal yang memusingkan dan melelahkan.

Cara Belajar Membaca
Cara Belajar Membaca

Dalam hal ini, yang perlu anda lakukan adalah membuat belajar membaca menyenangkan. Tentunya, cara belajar membaca yang diperlukan bukanlah belajar dengan duduk tenang dan belajar dalam hening. Itu tidak akan efektif, dan anak justru akan merasa tertekan dan merasa tidak nyaman untuk belajar membaca. Anda membutuhkan cara yang lebih menarik. Tentunya, anda tidak perlu memaksakan anak anda. Yang terpenting dalam hal ini adalah membuat anak anda senyaman dan sebahagia mungkin dalam belajar. Bahkan, tidak perlu durasi yang panjang, karena durasi tidak selalu menentukan kualitas anak anda dalam belajar.

Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar anda. Anda bisa membantu anak anda menghafalkan huruf dengan memanfaatkan barang di sekitar anda. Misalkan saja, anda membuat huruf H dari kursi yang ada. Lalu, huruf O adalah roti donat. Dengan cara ini, anak anda akan lebih mudah mengimajinasikan benda dan huruf, sehingga akan lebih mudah juga mengetahui huruf yang ada. Anda juga bisa menyesuaikan berdasarkan bunyi dari huruf tersebut. Dengan cara kreatif ini, anak anda akan merasa nyaman belajar bersama anda.

Bila anak anda sudah bisa menguasai semua huruf yang ada, maka sudah saatnya belajar membaca. Anda tidak perlu pusing. Anda bisa mengajari anak anda membaca dari kata-kata pendek dan sederhana terlebih dahulu. Setelah mulai bisa mengeja, anda bisa bermain tebak-tebakan dengan anak anda.

Selain itu, anda juga juga mengacak huruf agar mampu menunjukkan kata berdasarkan gambar yang ada. Beberapa cara belajar membaca yang sederhana ini lebih seperti permainan, sehingga tidak akan membuat anak bosan. Tentu saja, anak anda tidak perlu lagi belajar sambil duduk dan diam. Anak anda bisa tetap bergerak aktif, dan berteriak-teriak. Semuanya akan tetap menyenangkan walau itu adalah belajar.

Leave a Reply