Berita Timur Tengah Terkini Palestina Vs Israel

0
82

Berita timur tengah terkini yang dirangkum redaksi matamatapolitik.com. Sejak Kamis, tanggal 2 Agustu 2018, Israel telah melarang pengiriman bahan bakar dan gas ke Jalur Gaza. Menurut data yang dilansir dari Al Jazeera, tindakan ini adalah balasan dari pengiriman layang-layang dan balon pembakar yang diterbangkan dari Jalur Gaza. Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman memerintahkan penghentian pengiriman bahan bakar dan gas melalui penyeberangan Karem Abu Salem, dan tidak ada keterangan kapan blokade ini akan dihentikan.

Lieberman beralasan bahwa pengiriman layang-layang dan balon pembakar telah menyebabkan kebakaran di wilayah pertanian Israel dan mengakibatkan kerugian hingga ratusan ribu dolar. Israel akan menuntut pertanggungjawaban dari pihak pemimpin di Jalur Gaza (merujuk pada Hamas) setelah bulan lalu menyerang markas para pejuang. Hingga saat ini disebutkan telah terjadi sembilan belas kebakaran di beberapa wilayah pendudukan Israel.

Blokade ini telah menyebabkan bertambahnya kesulitan para pengungsi di kantong-kantong pengungsian, yang telah digempur blokade selama dua belas tahun. Bahan bakar sangat diperlukan di kantong pengungsi untuk menyalakan mesin generator sejak pemutusan aliran listrik yang dilakukan Israel. Blokade bahan bakar dan gas juga telah menyebabkan tersendatnya pengiriman bahan makanan dan kebutuhan di Gaza.

Dalam beberapa pekan terakhir, warga Palestina telah memprotes blokade angkatan laut, udara dan darat yang dilakukan Israel dan Mesir sejak tahun 2006. Pelarangan pengiriman bahan bakar dan gas akan menambah kesulitan warga. Sejak tanggal 9 Juli Israel telah menutup satu-satunya jalur penyeberangan komersial ke Palestina. Menghentikan pasokan pangan dan gas ke lebih dari dua juta penduduk. Penghentian ini juga semakin mempersulit ekspor Gaza, yang hampir lumpuh karena blokade selama dua belas tahun.

Israel beranggapan bahwa blokade adalah langkah yang tepat, setelah sebelumnya menghalau layang-layang dengan menggunakan pesawat tanpa awak. Pejuang Palestina beberapa kali berhasil menjatuhkan drone Israel. Berita timur tengah terkini di Gaza menunjukkan sedikitnya tiga warga sipil Palestina tewas dalam serangan Israel satu bulan terakhir. Nantikan laporan perkembangan terakhir Gaza di matamatapolitik.com