Beli Mobil Secara Kredit, Rugi atau Malah Untung?

0
98
Beli Mobil Secara Kredit
Beli Mobil Secara Kredit

Memiliki kendaraan roda empat saat ini bisa dibilang menjadi kebutuhan yang wajib untuk sebagian orang. Karena mobilitas yang tinggi dan cuaca yang tidak menentu, membuat orang ingin menggunakan kendaraan yang nyaman.

Karena kebutuhan, maka banyak orang yang memilih untuk memiliki kedaraan roda empat dengan pembelian secara kredit. Lalu, apakah membeli mobil secara kredit merugikan atau malah menguntungkan?

Membeli mobil secara kredit menjadi menguntungkan dan memudahkan karena kita bisa memiliki kendaraan dengan pembayaran yang ringan di setiap bulannya. Tapi ada juga pihak yang menyebut bahwa kredit mobil merugikan karena membandingkan harga mobil yang dibeli secara cash dan total harga mobil yang dibeli secara kredit.

Berbicara mengenai keuntungan dalam kredit mobil, berikut beberapa keuntungannya:

Menjadi Solusi untuk Anda yang Memiliki Dana Terbatas

Melakukan pembelian mobil secara kredit, anda tidak perlu mengeluarkan dana terlalu besar.  Anda hanya perlu membayarkan uang muka dan cicilan bulanan selama masa tenor. Dengan begitu, cashflow anda masih aman dan bisa menyesuaikan.

Adanya Asuransi dalam Masa Kredit

Saat anda mengajukan kredit mobil, hal yang perlu anda perhatikan salah satunya adalah asuransi. Dengan demikian, meski mobil anda masih proses pembiayaan, mobil anda akan berada dalam perlindungan asuransi. Berbeda ketika anda membeli mobil secara tunai, maka anda perlu membeli asuransi secara terpisah.

Baca Juga : Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Kredit Mobil 

Syarat Mudah dalam Mengajukan Pembiayaan

Saat ini banyak sekali lembaga yang memudahkan untuk pengajuan kredit mobil
adapun syarat yang umum dalam pengajuan pembiayaan adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Slip gaji
  • Rekening tabungan

Sangat mudah bukan syaratnya?

Setelah tadi kita bicara keuntungan pembiayaan secara kredit, sekarang kita bicara kerugiannya. Lalu, apa saja kerugian yang didapatkan ketika memutuskan pembiayaan mobil secara kredit?

Adanya Beban Keuangan

Namanya saja kredit, pasti ada bunga yang berjalan dan harus dibayarkan. Jika kredit macet, bunga tetap akan berjalan tentunya.
Suku bunga yang berubah sesuai dengan kondisi pasar, membuat adanya kenaikan atau penurunan. Hal itu mempengaruhi angsuran bulanan yang akan anda bayarkan nantinya.

Perhitungan yang Salah Bisa Membuat Mobil Anda Melayang

Pembayaran cicilan yang macet, bisa mengakibatkan mobil anda disita oleh pihak bank atau leasing.
Oleh karena itu, anda harus memperhitungkan kemampuan finansial anda sebelum memutuskan mengajukan kredit mobil.

Jadi, ambil kredit atau jangan?

Setelah anda melihat aspek keuntugan dan kerugian dalam hal pembiayaan secara kredit, anda bisa mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang tepat sesuai kemampuan anda. Jangan terburu-buru dalam memutuskan pengajuan kredit untuk menghindari kerugian jangka panjang. Pilih sesuai kemampuan dan kondisi finansial anda agar tidak merugi di kemudian hari ketika Anda memutuskan untuk kredit mobil.