Beberapa Referensi Desain Rumah Minimalis

0
185

Banyak keluarga memimpikan memiliki rumah nyaman untuk ditinggali. Khusus pasangan muda biasanya menginginkan punya rumah tinggal minimalis modern yang cukup dihuni sedikit anggota keluarga.

Merangkum berbagai sumber, di era sekarang banyak rumah minimalis sederhana dipasarkan para pengembang properti. Dengan begitu, kalangan keluarga milenial bisa menentukan kapan saja mereka ingin membeli rumah. Melihat beragamnya gaya rumah, sebagai calon pembeli pastinya harus tetap mempertimbangkan selera serta kebutuhan yang diperlukan.

Adapun ciri rumah sederhana minimalis yang saat ini tengah menjadi tren, yakni desainnya cenderung mengutamakan kesan simpel dengan pembatasan jumlah perabot di dalamnya. Anda bisa menerapkan konsep hunian yang memiliki kaitan dengan lingkungan atau bangunan di sekitarnya. Konsep seperti ini dapat dibuat dengan menghidupkan elemen spesifik yang ada dalam lingkungan atau bangunan lama di sekitarnya ke dalam bangunan baru.

Adapun keuntungan desain rumah minimalis sederhana, antara lain lebih hemat ruang, waktu pengerjaan, biaya pengerjaan, dan biaya pemeliharaan. Mengingat areanya tidak luas, perlu penataan interior secara tepat dan rapi agar rumah tidak terkesan sempit.

Membahas tentang hunian tentu juga tak bisa lepas dari konsep rumah minimalis modern yang saat ini juga banyak diminati pasangan muda. Desain minimalis modern cenderung digandrungi sebab pada dasarnya konsep minimalis modern mengutamakan efisiensi dan fungsional, namun tetap dapat memenuhi kebutuhan penghuninya.

Penataan rumah minimalis modern cenderung mengutamakan segi fungsional serta nilai estetikanya. Kesan minimalis modern dapat dihadirkan lewat pemilihan material, pemasangan plafond gypsum minimalis, cat dinding hingga furnitur yang digunakan. Lewat pengaturan secara tepat, rumah minimalis akan tetap terasa nyaman ditinggali.

Jika kita menyinggung tentang esensi minimalisme, inspirasi rumah minimalis tampak depan serba putih cocok menjadi alternatif hunian. Penampilannya yang simpel dan sederhana akan berhasil mencuri perhatian siapa saja

Bukan hanya di bagian dalamnya saja, rumah minimalis tampak depan juga harus sesuai dengan konsep keseluruhan dari rumah bergaya minimalis. Misalnya saja jika Anda menggunakan perpaduan dengan perabotan di bagian dalamnya, praktis Anda harus memikirkan pula estetika dan nuansa yang ditampilkan di bagian depan.

Konsep hunian yang kita pilih tentunya juga harus disesuaikan dengan luasan dan kebutuhan penggunanya, apakah satu lantai atau dua lantai. Rumah satu lantai pun sejatinya bisa didesain minimalis modern. Dengan luasan agak besar, paling tidak bisa dibuat dua kamar.

Desain rumah minimalis modern satu lantai merupakan solusi tepat bagi keluarga kecil. Dengan lahan yang semakin terbatas membuat orang cenderung memilih desain rumah model ini, namun tetap nyaman dihuni.

Sementara bagi Anda yang memiliki kantong lebih bisa memilih rumah minimalis modern dua lantai. Rumah dua lantai adalah tipe hunian paling umum dan banyak diminati berbagai kalangan. Alasannya tak lain karena desain rumah 2 lantai menjadi solusi bagi lahan sempit.

Tipe rumah minimalis modern dua lantai sangat ideal bagi keluarga kecil karena fungsi ruangan bisa bertumbuh seiring bertambahnya anggota keluarga. Ciri khas rumah model ini, yakni menggunakan dak beton, mengikuti bentuk dasar (berbentuk kotak), polos atau tanpa ornamen, dan menggunakan maksimal dua kombinasi material. Nah, bagi Anda yang suka dengan tampilan rumah simpel, desain rumah ini tentunya sangat cocok dijadikan rekomendasi.