Beberapa Cara Menggunakan Alat Elektronik Dengan Tepat

0
74

Seperti yang kita tahu bahwa untuk mempermudah para ibu rumah tangga  melakukan aktivitasnya, banyak alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. Memang lebih praktis dan mudah. namun jangan sampai semua alat tersebut membuat tagihan listrik anda menjadi membengkak.

Untuk dapat mengontrolnya, anda bisa menggunakan  Jenius untuk cek tagihan listrik rumah anda. Sehingga anda dapat mengetahui batasan menggunakan listrik dirumah anda. Berikut ini ada beberapa cara menggunakan alat rumah tangga agar lebih menghemat tagihan listrik, diantaranya:

  • Menggunakan AC seperlunya
cek tagihan listrik
cek tagihan listrik

AC merupakan salah satu alat rumah tangga yang berpengaruh besar terhadap tagihan listrik anda. gunakanlah AC dengan cara yang tepat agar daya listrik anda bisa lebih hemat. hindarilah mengatur AC dengan suhu terkecil, karena justru akan membuat tagihan listrik anda membludak. Sebaiknya matikan AC ketika sedang tidak digunakan. Jika perlu gunakanlah timer agar dapat mati secara otomatis, saat suhu di ruangan anda sudah sejuk.

  • Pakai setrika dengan pengatur panas otomatis

Bentuk dan ukuran setrika memang kecil, namun siapa sangka alat rumah tangga yang satu ini membutuhkan daya listrik yang besar, bahkan lebih besar dari televisi dan alat elektronik lainnya. maka solusi untuk menghemat listrik adalah dengan  menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis. Pasalnya setrika jenis ini akan mati dengan sendirinya jika suhu panas sudah cukup tinggi. Sesuaikan juga panas setrika dengan bahan pakaian yang akan anda setrika.

  • Pilih mesin cuci sesuai dengan kebutuhan

Memiliki mesin cuci memang sangat membantu bagi para ibu rumah tangga. Namun hindari memilih mesin cuci dengan kapasitas yang besar. Karena semakin besar kapasitas mesin cuci, maka semakin besar juga daya listrik yang dibutuhkan. Akan lebih baik jika menyesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian anda dalam sehari. Selain itu ketika mencuci usahakan pakaian tidak melebihi kapasitas dari mesin cuci. Karena dengan begitu beban mesin akan bertambah dan secara tidak sadar daya listrik yang digunakan juga akan lebih besar.

Itulah beberapa cara menggunakan alat elektronik yang tepat agar menghemat listrik. Untuk itu gunakanlah Jenius untuk dapat Cek tagihan listrik dengan mudah.