Bagaimana Cara Mencari Ball Bearing yang Tepat untuk Kebutuhan Anda?

0
46

Beban berat merupakan beban yang tidak mudah Anda lakukan sendiri. Barang-barang yang memiliki beban yang tidak ringan dibutuhkan peralatan tambahan khusus agar memudahkan Anda untuk memindahkannya atau mengangkatnya. Di peralatan-peralatan tertentu, umumnya mereka sudah dilengkapi dengan komponen penting di dalamnya, seperti ball bearing

Tidak semua orang memang mengenal jenis bearing tersebut yang sering dikatakan sebagai bantalan bola. Padahal, jika Anda mencari informasinya lebih dalam lagi, komponen tersebut sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya di peralatan rumah tangga, mesin-mesin industri, kereta dorong, dan sebagainya. 

Komponen tersebut memiliki fungsi utama yaitu memudahkan Anda mengangkat atau membawa benda-benda yang berat atau meningkatkan produktifitas khususnya di bidang industri. Komponen yang tidak jarang lagi kita temukan itu sebenarnya memiliki berbagai macam jenis. Namun, kinerja gerakannya hanya 2 yaitu bebannya yang berputar maupun yang memiliki beban bertekanan yang ke arah samping. 

Mungkin dari antara Anda yang sudah sering memakainya atau memang berada di industri khusus memakai ball bearing, terkadang perlu diganti komponen tersebut agar kinerjanya tetap bagus dan tidak menurunkan fungsi peralatannya. Tapi, Anda tidak boleh sembarangan menggantinya, apalagi mencarinya karena tidak semua bantalan bola memiliki kualitas yang sama-sama bagus.

Tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana mencari jenis bearing bola ini di bawah ini. 

  • Tentukan jenis yang sesuai kebutuhan

Ball bearing memiliki sistem kerja yang sangat simple, namun sudah terbagi menjadi beberapa jenis agar penggunanya dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Terdapat 3 jenis bearing bola yang sudah dibedakan. Deep groove yang termasuk jenis bantalan bola sudah sangat umum digunakan karena sifatnya yang lebih universal. Anda dapat menemukan jenis bantalan bola yang satu ini di mesin industri atau pun di mesin kendaraan bermotor.

Selain itu masih ada lagi jenis angular contact yang masih cukup mudah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis ini dibuat secara khusus untuk mengangkat beban-beban yang memiliki sifat radial atau axial. Dan yang terakhir adalah axial deep groove.

Jenis bearing bola tersebut akan lebih sering digunakan jika beban yang diangkutnya lebih berat. Perlu Anda ketahui, memakai axial deep groove dapat mengangkat beban berat secara axial dan lebih efektif dibandingkan jenis bearing lainnya. Anda akan menemukan jenis ball bearing tersebut di alat-alat drill spindels serta tailstok. 

  • Jeli dalam memilih bahan materialnya

Selain menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, Anda pun juga harus jeli dalam melihat bahan material yang digunakannya. Tentunya Anda harus memiliki material yang berkualitas agar saat di tengah-tengah penggunaannya tidak cepat rusak atau jebol. Ada baiknya jika Anda memilih bantalan bola yang terbuat dari baja karena tidak mudah berkarat dan lebih kuat. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu terlalu sering menggantinya karena lebih awet. 

Harganya memang lebih mahal dibandingkan material lainnya, namun Anda dapat tetap menikmati harga kompetitif di logam-makmur.com. Di sana semua ball bearing yang ditawarkan sudah berbahan material berkualitas sehingga Anda tidak perlu meragukannya lagi. 

  • Cek harganya

Harga merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum benar-benar membelinya. Berbeda toko tentu saja memiliki harga yang berbeda pula, baik itu lebih mahal atau pun murah. Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu berapa harga pasaran ball bearing sebelum pergi ke toko material. Dengan begitu, Anda menjadi semakin paham sehingga tidak akan mudah tertipu dari penjualnya.

Ada baiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu saat sedang mencari bantalan bola. Jika memilih yang berkualitas, tentu penggunaannya yang akan semakin awet. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tidak membuat Anda kecewa karena masih masuk dalam anggaran Anda.