Apa itu Uang Digital dan Apa Saja Keuntungan Penggunaannya

0
106
uang digital
uang digital

Ada perkembangan sistem pembayaran elektronik di abad ke-21. Kartu debit dan kredit telah menjadi hal yang biasa, dan uang tunai telah menjadi usang. Namun, banyak orang masih lebih memilih menggunakan uang tunai karena beberapa keuntungan yang ditawarkannya.

Selama ini masyarakat dihadapkan pada pilihan antara menggunakan media elektronik atau menggunakan uang tunai. Namun, dengan konsep baru uang digital, sekarang dimungkinkan untuk menggabungkan keunggulan teknologi digital dan uang tunai.

Apa itu Uang dalam Bentuk Digital?

uang digital
uang digital

Uang tunai digital dapat didefinisikan sebagai sistem elektronik apa pun yang memungkinkan penyimpanan, transfer, dan pengeluaran uang tunai secara elektronik. Sistem ini sebagian besar dimiliki oleh perusahaan swasta dan salah satunya adalah Bank Danamon.

Dengan kata sederhana, orang dapat menggunakan uang fisik untuk membeli saldo uang secara digital. Saldo ini kemudian dapat disimpan di dompet elektronik dan digunakan saat diperlukan. Uang elektronik berbeda dengan dompet seluler.

Orang hanya dapat menggunakan dompet seluler jika rekanannya juga menggunakan dompet yang sama. Tidak demikian halnya dengan uang dalam bentuk digital. Uang digital dimaksudkan seperti uang tunai. Ini berarti rekanan tidak perlu memiliki sistem apa pun untuk menerima uang dalam bentuk digital. 

Keuntungan dari Digital Cash

Ada beberapa keuntungan menggunakan uang digital. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Biaya Lebih Rendah: Pertama, biaya penggunaan uang dalam bentuk digital sangat rendah. Transaksi bank normal membutuhkan infrastruktur dalam jumlah besar. Ada cabang bank, teller, juru tulis, sistem elektronik, yang semuanya digabungkan untuk memungkinkan transaksi.

Infrastruktur ini hanya dapat digunakan untuk transaksi perbankan. Di sisi lain, uang digital tidak menjamin infrastruktur khusus apa pun. Itu dapat menggunakan layanan dasar seperti internet untuk memungkinkan transaksi yang sama. Oleh karena itu, kebutuhan akan infrastruktur khusus dihapus. Ini dapat menurunkan biaya transaksi.

Transaksi Jarak Jauh: Dengan uang tunai fisik, mengirim uang ke sisi lain dunia bisa sangat mahal. Demikian pula halnya dengan uang elektronik karena adanya perantara terlibat dan karenanya harus dibayar sejumlah biaya. Namun, uang dalam bentuk digital dapat dikirim ke seluruh dunia tanpa terlalu merepotkan.