Apa itu Perusahaan Logistik?

0
36

Pengiriman barang, dulunya sangatlah merepotkan. Hal ini lantaran transportasi yang masih serba terbatas. Selain itu, transportasi pun belum bervariasi layaknya saat ini. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan gaya hidup menjadikan pengiriman barang kini sudah makin berkembang. Terbukti dengan munculnya banyak perusahaan logistik yang siap menyediakan jasa untuk pengiriman. Dengan demikian, tidak heran jika kini urusan kirim mengirim barang pun kian mudah dilakukan.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Perusahaan Logistik

Kebutuhan akan pengiriman barang baik di dalam maupun luar negeri saat ini kian besar. Hal ini pun dipengaruhi dengan adanya perdagangan bebas yang diterapkan di berbagai negara di dunia saat ini. Dengan demikian, maka keluar masuk barang pun akan lebih mudah untuk dilakukan. Perdagangan dengan sistem ekspor impor pun juga makin berkembang.

Untuk lebih mengenal terkait perusahaan logistik, maka berikut ini beberapa definisi berdasarkan para ahli:

  1. Menurut Jayaran dan Tam, penyedia untuk jasa logistik merupakan perusahaan yang sediakan transportasi dan juga pergudangan dengan sistem berbayar. Penyedia jasa logistik ini adalah institusi yang sediakan jasa pengiriman dari tempat asal barang tersebut menuju ke tempat tujuan serta jasa pergudangan. Asal barangnya sendiri bisa dari produsen, penyalur atau pemasok. Sedangkan untuk tujuannya adalah untuk konsumen, produsen atau penyalur.
  2. Menurut Larsen, penyedia jasa logistik adalah penghubung pelayanan logistik. Hal ini meliputi kemitraan, perjanjian dengan pihak ketiga dan juga perjanjian layanan terpadu. Layanan ini membantu organisasi dalam berkonsentrasi di kegiatan inti dimana tujuannya adalah untuk menjadikan biaya yang dikeluarkan lebih rendah meski kualitas pelayanan tetap baik.
  3. Menurut Fernie, penyedia jasa logistik adalah perusahaan yang diharapkan bisa meningkatkan mutu pelayanan dalam hal pengiriman serta mutu realibilitas. Untuk tujuan jangka panjangnya sendiri adalah demi menciptakan kinerja bisnis yang unggul dalam hal pelayanan.

Jika dilihat dari pengertian para ahli, sebetulnya makna dari perusahaan logistik itu hampir sama. Penyedia jasa logistik yakni merujuk pada perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman. Dengan adanya penyedia jasa logistik, maka masalah pengiriman diharapkan bisa terselesaikan dan mendapatkan kemudahan baik untuk pengirim maupun penerimanya.

Setelah mengetahui pengertian dari perusahaan penyedia layanan logistik, maka Anda pun sebaiknya tahu layanan apa saja yang bisa diberikan. Berikut ini beberapa layanannya:

  1. Perusahaan dalam bidang penyedia jasa logistik umumnya menyediakan jasa transportasi, jasa angkutan truk, kereta api, angkutan laut hingga angkutan udara. Ini adalah layanan yang utama. Selain itu ada juga layanan khusus misalnya tangki, bahan berbahaya, bulk hingga barang berpendingin. Tersedia juga layanan pengiriman dengan waktu terbatas.
  2. Beberapa penyedia jasa logistik pun menyediakan gudang regional, pergudangan atau gudang kontrak. Ada juga jasa berupa teknologi operasional seperti bar coding, jasa nilai tambah misalnya konsolidasi pengiriman hingga layanan pengurusan pajak sebagai pialang pajak.
  3. Layanan lainnya dari penyedia jasa logistik adalah layanan dengan dukungan sistem teknologi informasi. Dalam hal ini meliputi pemakaian sistem informasi logistik, EDI hingga perangkat lunak lainnya dimana berbasis website.
  4. Perusahaan logistik juga kerapkali menyediakan layanan pendukung dan nilai tambah misalnya pelabelan, pengemasan hingga perakitan.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang perusahaan logistik terpercaya dan terbaik, maka pastikan hanya memilih Sera Astra. Tersedia berbagai macam layanan yang pastinya akan permudah aktivitas Anda dalam upaya pengiriman. Untuk informasi lengkap, maka Anda bisa kunjungi ke sera.astra.co.id.