6 Tanda Tanda Hamil Anak Kembar Yang Wajib Diketahui Calon Ibu

0
134

Tanda tanda hamil bayi kembar biasanya beda dengan hamil satu anak pada umumnya. Menurut beberapa ahli mengatakan adanya fakta bahwa terdapat 1 diantara 30 orang hamil mengandung anak kembar. Tentu hal ini menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi keluarga yang bisa memiliki anak kembar. Namun tidak jarang pula banyak yang belum mengetahui ciri ciri hamil bayi kembar.

Salah satu tanda seorang wanita akan hamil yaitu adanya perubahan hormon pada awal kehamilan bisa membuat payudara terasa lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting nampak lebih menonjol dan warnanya lebih gelap dengan pembuluh darah terlihat pada permukaan kulit payudara.

Selain itu,  tanda awal kehamilan menyebabkan kebanyakan wanita lebih sering buang air kecil terutama pada malam hari. Lalu, memasuki tahap kehamilan berikutnya, keinginan buang air kecil biasnya disebabkan karena pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

Tanda Tanda Hamil Kembar Yang Bisa Diketahui Dari Luar Tubuh

Nah, berikut ini beberapa tanda yang biasa terjadi pada wanita hamil anak kembar ;

  1. Feeling atau Perasaan Sejak Awal Kehamilan

Pada umumnya tanda kehamilan anak kembar bisa dirasakan sejak awal saat wanita mengandung bayi lebih dari satu. Oleh sebab itu, jangan pernah mengabaikan perasaan hati dan tanda tersebut. Faktanya banyak para ibu yang akan memiliki anak kembar mengatakan mereka sudah mengetahui sejak awal bahwa akan mengandung bayi kembar.

  1. Pusing Dari Pagi Sampai Malam Setiap Hari

Biasanya jika seorang wanita hamil memiliki tanda-tanda seperti kepala pusing, perut kurang nyaman, sampai muntah-muntah di pagi hari. Namun bila mengandung lebih dari satu bayi atau bisa disebut kembar, biasanya ibu hamil akan lebih menderita di pagi hari hingga malam bahkan lebih tidak enaknya hal ini berjalan sepanjang hari.

  1. Gejala Kehamilan Sangat Terasa

Calon ibu atau wanita yang sedang mengalami tanda tanda hamil kembar banyak yang merasa kurang nyaman, muntah berlebihan dan mudah lelah. Intinya yang mereka rasakan gejala kehamilan yang sangat terasa sehingga sering dianggap “lebay” oleh orang sekitar termasuk keluarga.  Padahal, pada kenyataannya semua itu disebabkan oleh sirkulasi ekstra dari hormon dalam tubuh.

  1. Berat Badan Naik Secara Drastis

Tanda lain yang biasa dialami oleh wanita yang hamil anak kembar yaitu berat badan naik drastis di tiga bulan pertama kehamilan. Jika dilihat kenaikannya lebih tinggi dari rata-rata berat ibu yang hanya hamil satu bayi. Gejala ini bisa disebut sebagai tanda pertama mengandung anak kembar atau lebih dari satu bayi. Apabila napsu makan baik, berarti tidak ada masalah pada calon ibu tersebut, sebab gizi yang baik sangat dibutuhkan janin dalam usia tiga bulan pertama kehamilan.

  1. Ukuran Perut Lebih Besar Pada Usianya

Ketika melakukan  pemeriksaan pertama, bisa dikatakan pada hamil kembar ini bahwa perut lebih besar daripada usia kandungan. Umumnya dokter akan mengatakan bahwa wanita sudah memasuki usia 8 minggu dihitung ketika terakhir mendapat haid. Namun bila dilihat dengan mata kepala, besar perut atau kandungan seperti kehamilan berusia  10-12 minggu.

  1. Tingginya AFP

Apa itu AFT? AFT adalah alpha fetoprotein protein yang dikeluarkan bayi ketika masa pertumbuhannya dan juga terdapat di dalam darah calon ibu. Protein ini bisa menjadi tinggi karena bayi kembar atau lebih dari satu. Umumnya tes darah AFP yang normal dilakukan 16 sampai 18 minggu sesudah masa terakhir menstruasi . Tes ini sering digunakan untuk mengetahui tanda tanda hamil kembar atau tidak.