5 Pola Makan Sehat Sesuai Dengan Anjuran Ahli Gizi

0
79
ahli gizi
ahli gizi

Asupan makanan yang sehat dan memiliki sumber nutrisi yang lengkap dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa terus beraktivitas dengan baik tanpa terganggu masalah kesehatan. Makanan yang dikonsumsi ini tentunya harus sesuai dengan kebutuhan dan kecukupan nutrisi harian tubuh sesuai dengan anjuran dari ahli gizi. Dari itu pula pola makan akan apa saja yang harus dikonsumsi dan jenis pilihan makanannya harus pula diperhatikan.

Supaya bisa tepat dalam konsumsi makanan setiap harinya maka anjuran dari ahli gizi penting diperhatikan seperti dengan pola makan yang memiliki gizi seimbang dan sehat. Pola makan yang diatur dengan tepat bisa memberikan keuntungan untuk tubuh lebih sehat dan pastinya terhindarkan diri dari masalah kesehatan akibat pola makan yang salah. Dan berikut ini lima pola makan sehat yang sesuai dengan anjuran ahli gizi.

ahli gizi
  1. Mulai dari pilihan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks penting untuk tubuh sebagai sumber energi, terlebih lagi dalam karbohidrat kompleks juga mengandung berbagai mineral lainnya seperti serat, mineral, dan vitamin. Untuk mendapatkannya konsumsi jenis makanan seperti pasta, nasi, roti, kacang-kacangan, brokoli, wortel, apel, dan pisang. Tentunya dengan konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.
  2. Berikan asupan protein. Selain karbohidrat kompleks dalam pola makan anjuran ahli gizi juga penting memasukan protein dalam konsumsi makanan. Protein sendiri merupakan nutrisi utama dalam pembentukan otot, kulit, sampai dengan hampir semua sel dan jaringan dalam sistem organ tubuh manusia. Protein yang terbaik juga bermanfaat selain untuk kesehatan juga bagi mereka yang sedang melakukan diet, karena kandungan protein bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membakar lemak dan membuat perut kenyang lebih lama. Untuk asupan makanan yang kaya akan protein sendiri bisa didapatkan dari susu, brokoli, kacang, daging tanpa, telur, oatmeal, dan juga jenis makanan laut seperti udang dan ikan.
  3. Tambahkan konsumsi susu dan produknya. Berbagai macam minuman dari produk olahan susu banyak jenisnya seperti yang terkenal yaitu yogurt. Salah satu produk dari susu ini kaya akan bakteri baik atau probiotik sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta pencernaan yang sehat. Untuk mengkonsumsinya bisa dicampurkan dengan berbagai pilihan buat yang segar seperti stroberi, nanas, atau yang lainnya. Penting untuk diketahui dalam mengkonsumsi yogurt hindari yang mengandung pemanis tinggi.
  4. Konsumsi makanan kaya serat. Pola makan selanjutnya pastikan juga adanya makanan yang kaya akan serat. Adanya serat diperlukan tubuh dalam memelihara kesehatan pencernaan seperti usus, menurunkan berat badan dan juga gula darah. Untuk bisa mendapatkannya bisa dikonsumsi dari jenis makanan seperti apel, stroberi, pir, buat bit, sereal, bubur gandum, ubi, pisang, dan yang lainnya.
  5. Makanan yang mengandung lemak baik. Konsumsi lemak yang baik sangat bermanfaat dalam menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Untuk mendapatkannya bisa didapatkan dari alpukat, kacang almond, kacang mete, minyak zaitun, selai kacang, ikan salmon, tahu dan juga kacang kedelai.

Berbagai rekomendasi lainnya untuk pola makan yang tepat dan sehat dari para ahli gizi bisa didapatkan secara mudah dengan mengunjungi sirka.io. Download aplikasi di layanan smartphone anda, dan dapatkan berbagai keuntungan dengan layanan aplikasi berbasis kesehatan dari para ahli untuk hidup sehat dengan pola makan yang tepat. Semua informasi penting seputar kesehatan, diet yang sehat, dan yang lainnya bisa didapatkan dengan cara mudah dan pastinya gratis.