5 Bidang Pekerjaan Dengan Resiko Kecelakaan Terbesar

5 Bidang Pekerjaan dengan Resiko Kecelakaan Terbesar

Semakin lama lapangan kerja semakin sempit, hal ini karena pertumbuhan penduduk yang kian tinggi, namun kurang banyaknya bisnis yang ada di bangun ditengah masyarakat. Apalagi baru-baru ini pemerintah menerapkan adanya pasar bebas sehingga warna negara asing juga bisa dengan leluasa bekerja di Indonesia, semakin memperketat persaingan saja. Sama halnya dengan kesulitan mencari kerja menjaga keselamatan kerja K3 ternyata juga sangat sulit diterapkan.

Setiap jenis pekerjaan apapun memang memiliki resiko yang tinggi terhadap kecelakaan, baik pekerjaan dalam ruang maupun luar ruang sekalipun. Keselamatan untuk pekerja K3 ini berguna untuk memberikan perlindungan dan himbauan, bukan hanya sebatas aturan biasa, lalu diantara jutaan pekerjaan yang ada mana yang memiliki resiko paling tinggi terhadap kecelakaan, berikut ini diantaranya :

  1. Konstruksi atau bidang bangunan, selama ini kita cukup mengenal bahwa jenis pekerjaan ini memang menjadi yang paling ekstrim, mengingat penggunaan alat berat yang memiliki resiko tinggi belum lagi kondisi lapangan yang penuh dengan benda berbahaya. Kecelakaan sering kali dialami, dampaknya juga tak sekedar luka lecet, melainkan cacat bahkan kematian, paling banyak mencatat kematian di bidang ini.
  2. Pertanian, siapa bilang bekerja di bidang pertanian cukup aman karena dilakukan sendiri, nyatanya pertanian tak kalah berbahan dengan konstruksi, keadaan lingkungan yang tak menentu, resiko binatang liar dan juga pengunaan zat-zat kimia berbahaya bahkan memiliki dampak panjang seperti mutasi sel-sel tubuh.
  3. Jasa transportasi, jasa ini sering kali mengalami masalah kecelakaan, bukan hanya bisa memakan nyawa pengemudinya saja, namun nyawa penumpang yang dibawa, jauh lebih beresiko, umumnya kecelakaan disebabkan oleh kesalahan pengemudi sendiri.
  4. Pekerjaan dapur, beberapa yang bekerja di dapur yaitu koki rumah makan memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap kecelakaan, contohnya kebakaran.
  5. Industri, yaitu bagi yang menggeluti pekerjaan dalam pabrik, jangan salah karena meskipun dalam ruangan, kurang fokus menyebabkan kesalahan kecil berubah menjadi fatal.

Setiap bidang pekerjaan memang memiliki resiko tersendiri, hanya saja tingkat resiko lebih besar dalam bidang konstruksi, untuk yang bekerja disini sebaiknya selalu utamakan keselamatan kerja K3.

Leave a Reply