4 Sumber Makanan Tinggi Protein Terbaik Untuk Fungsi Tubuh yang Baik

0
528
4 Sumber Makanan Tinggi Protein Terbaik Untuk Fungsi Tubuh yang Baik
4 Sumber Makanan Tinggi Protein Terbaik Untuk Fungsi Tubuh yang Baik

Tahukah anda bahwa protein itu merupakan zat penting yang sangat diperlukkan tubuh? Hal tersebut seolah tak bisa dipungkiri, karena protein memang menjadi salah satu zat penunjang utama bagi terpeliharanya dan terciptanya kesehatan fungsi tubuh dengan baik. Maka dari itu pemenuhan asupan protein ini mesti diperhatikan dengan baik setiap harinya oleh setiap orang.

Caranya tak lain ialah dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein yang bisa didapatkan dari sumber protein hewani maupun sumber protein nabati. Memperoleh makanan dengan kandungan protein rasanya tak akan sulit diperoleh oleh siapapun karena makanan tersebut jenisnya banyak sekali dan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Susu dan daging merupakan sebagian dari sumber protein hewani yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan protein sehari-hari. Akan tetapi beberapa ahli di bidang kesehatan menyatakan supaya intensitas pengkonsumsian daging dan susu ini tidak terlalu sering dan lebih dibatasi karena ditakutkan dapat berefek kurang baik terhadap kesehatan mengingat di dalam kedua sumber makanan tersebut juga terkandung konsentrasi lemak yang cukup tinggi.

Untuk pemenuhan asupan protein sehari-hari memang terbilang lebih baik jika dialihkan saja pada sumber makanan berprotein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau biasa disebut sebagai protein nabati. Mengapa? karena pemenuhan protein nabati yang berasal dari tumbuhan cenderung lebih sehat dimana dipercaya mampu mengurangi resiko munculnya beberapa jenis penyakit berat seperti diabetes, jantung, obesitas, bahkan beberapa jenis penyakit kanker.

Selain bagus untuk pertumbuhan, protein nabati yang berasal dari tumbuhan seperti pada jenis-jenis sayuran juga baik dikonsumsi untuk mendukung program penurunan berat badan yang sukses. Jadi mereka yang tengah menjalani program diet tak perlu khawatir berat badannya naik meskipun terbilang sering mengkonsumsi jenis sayuran yang mengandung sumber protein nabati tinggi tersebut. Lalu apa sajakah makanan tinggi protein sebagai sumber kandungan protein tinggi yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh itu? Berikut ulasannya :

  1. Kacang hijau dan kacang polong menjadi sumber protein nabati pertama yang baik dikonsumsi rutin setiap hari untuk memenuhi asupan protein bagi tubuh. Dalam kocong polong ini tersimpan kandungan protein sebesar 8 gram untuk setiap porsinya.
  2. Kacang kedelai memiliki kandungan protein yang lengkap yang mana sama halnya dengan kandungan protein yang terdapat pada sumber protein hewani seperti daging dan telur. Kedelai yang dibuat menjadi tahu didalamnya terkandung jumlah protein sebesar 10 gram per ½ cangkir porsi tahu sedangkan kedelai yang dibuat menjadi tempe mengandung sebanyak 18 gram protein untuk setiap porsinya.
  3. Buncis menjadi makanan selanjutnya yang tergolong sebagai sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Dalam buncis tersimpan kandungan protein sebesar 8 gram untuk setiap porsinya.
  4. Bayam mengandung sebesar 13 gram protein yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan protein sehari-hari. Selain protein di dalam bayam juga terkandung zat besi yang berperan penting menunjang pengedaran oksigen dalam darah pada seluruh tubuh.