4 Jenis Zat Penyusun Detergen Indonesia!

0
979
deterjen indonesia
deterjen indonesia

Jika zaman dulu sebelum sabun Indonesia ditemukan orang memanfaatkan buah klerek untuk merontokkan noda pada baju. Kini cara yang lebih simple kian memanjakan kegiatan mencuci baju lebih cepat dan mudah. Keberadaan detergen memang memberikan manfaat lebih, manfaat ini tentunya sangat dirasakan oleh para ibu rumah tangga. Siapa sangka dalam komponen kecil detergen bubuk maupun cair sangat efektif mengangkat noda yang membandel sekalipun pada serat kain.

Kemampuan yang dimiliki detergen ini tentunya tidak lepas dari komposisi bahan yang menjadi penyusun utamanya. Berikut informasi seputar bahan apa saja yang umum terdapat pada detergen terbaik Indonesia:

• Surfaktan, zat ini memiliki fungsi utama yakni sebagai pengangkat kotoran yang menempel dan meresap hingga ke dasar serat kain,
• Builder, zat ini memiliki fungsi menguatkan efek surfaktan dan mengurangi kesadahan air,
• Filler, yang memiliki fungsi meningkatkan berat atau volume pada detergen sehingga mudah digunakan,
• Aditif, merupakan zat tambahan yang menjadikan detergen lebih menarik seperti pewangi, pemutih, dll.

Adanya komposisi penyusun yang sangat kompleks menjadikan detergen memberikan manfaat ganda tidak sekedar mengangkat noda. Namun detergen tertentu juga berfungsi melembutkan serat kain, memberikan aroma harum, atau memutihkan baju putih. Pemilihan detergen ini tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan agar lebih maksimal. Selama komposisi bahan pada detergen Indonesia tidak berbahaya maka bisa digunakan untuk keseharian.