3 Jenis Olahraga Terbaik Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak Saat Hamil

0
49

Salah satu cara menjaga kesehatan ibu dan anak ialah dengan melakukan olahraga dan sebaiknya dibiasakan sejak masih dalam masa kehamilan. Ibu yang hamil sebaiknya melakukan olahraga secara rutin sebab sangat bermanfaat untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Jika tertarik untuk melakukan olahraga sebaiknya mengetahui jenis olahraga yang baik bagi ibu yang tengah hamil. Sebab tidak semua jenis olahraga bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil, jika salah justru akan membahayakan kehamilan.

Olahraga tepat untuk ibu hamil

Ada beberapa jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk ibu yang tengah hamil, berikut adalah beberapa jenis olahraga tersebut:

  1. Mengikuti senam hamil

Sekarang ini ada banyak ibu yang tertarik melakukan senam kehamilan sebab bisa membantu menjaga kebugaran saat proses persalinan. Senam hamil mampu memperkuat otot-otot rahim sehingga dipersiapkan dengan baik saat persalinan berlangsung. Gerakannya yang sederhana bahkan bisa dikerjakan olah ibu yang hamil di trimester akhir. Namun usahakan dilakukan di bawah pengawasan pelatih senam hamil yang berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan.

  1. Jalan kaki secara rutin

Kita tentunya sering melihat ibu hamil yang tangan dan kaki atau bagian tubuh lainnya membengkak dan ini disebabkan tubuh yang kurang bergerak. Peredaran darah menjadi kurang lancar dan menyebabkan ukuran tubuh membesar di bagian tertentu. Mencegah hal tersebut, ibu hamil bisa jalan kaki setiap pagi sehingga melancarkan peredaran darah. Cara ini menjadi cara mudah untuk menjaga kesehatan untuk ibu dan anak dan bisa dilakukan kapan saja. Anda bisa hanya sekedar keliling halaman rumah atau jalan-jalan di dalam rumah.

  1. Melakukan renang

Olahraga berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak dianjurkan untuk dilakukan para ibu hamil. Lewat berenang ibu hamil bisa lebih optimal menggerakkan otot-otot besar di tubuh, seperti pergelangan tangan dan juga kaki. Renang juga mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi dan mempersiapkan kesehatan selama persalinan lebih baik. Olahraga renang yang tepat untuk ibu hamil sebaiknya dilakukan sebentar namun teratur untuk mencegah kelelahan. Pilih olahraga mana untuk menjaga kesehatan ibu dan anak?

Leave a Reply